Kompas.com - 27/05/2022, 08:28 WIB

KOMPAS.com – Dalam bahasa Inggris kita kerap mendengar istilah woods, forest, dan jungle. Ketiga istilah tersebut sering diartikan sebagai hutan dan disalahartikan sebagai hal yang sama.

Namun, tahukah kamu bahwa istilah woods, forest, dan jungle dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan? Untuk mengetahui perbedaannya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Definisi

Woods, forest, dan jungle memiliki definisi yang berbeda. Forest diartikan sebagai daerah luas yang ditutupi oleh pohon lebat. Woods diartikan sebagai daerah yang ditutupi pepohonan.

Artinya, walau sama-sama merupakan daerah yang ditutupi pepohonan, vegetasi forest lebih lebat dan daerahnya lebih luas daripada woods.

Baca juga: Hutan: Fungsi dan Jenisnya

Sedangkan, jungle diartikan sebagai hutan yang ditumbuhi oleh vegetasi yang lebat. Jungle termasuk ke dalam forest, namun memiliki vegetasi yang sangat lebat dan padat dengan iklim tropis yang lembap.

Sehingga, jungle adalah salah satu jenis forest, yaitu hutan tropis dengan vegetasi yang lebat.

Ukuran

Perbedaan woods, forest, dan jungle terletak pada ukurannya. Forest memiliki ukuran yang lebih luas daripada woods. Menurut Food and Agriculture Organization of the United Nations, luas forest memiliki luas lebih besar dari 1,24 acre atau sekitar 0,5 hektar.

Adapun, jungle termasuk ke dalam jenis forest sehingga memiliki ukuran yang lebih luas daripada woods.

Baca juga: Struktur Hutan Hujan Tropis

Kanopi

Perbedaan woods, forest, dan jungle dapat terlihat dari kanopinya. Kanopi adalah cabang dan daun pepohonan tinggi yang membentuk struktur seperti atap hutan.  

Menurut U.S. National Vegetation Classification system sebagaimana dilansir dari Sciencing, hanya sekitar 25 hingga 60 persen woods ditutupi kanopi, sedangkan kanopi forest lebih luas yaitu sekitar 60 hingga 100 persen dari luasnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.