Kompas.com - 26/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Zat di alam semesta dapat berubah wujud dari satu fasa ke fasa lainnya. Salah satu jenis perubahan wujud adalah mengkristal atau deposisi. Apa saja contoh peristiwa mengkristal dalam kehidupan sehari-hari?

Mengkristal adalah perubahan wujud benda dari fasa gas menjadi padat. Peristiwa mengkristal adalah kebalikan dari peristiwa menyublim.

Contoh peristiwa mengkristal dalam kehidupan sehari-hari adalah pembentukan salju, embun beku, jelaga hitam pada knalpot, dan pembuatan es kering.

Pembentukan salju

Contoh peristiwa mengkristal dalam kehidupan sehari-hari adalah terbentuknya salju melalui proses deposisi.

Baca juga: Contoh Peristiwa Menyublim dalam Kehidupan Sehari-hari

Dilansir dari National Weather Service, deposisi adalah proses pembentukan kristal es langsung dari uap air di awan yang jenuh tanpa perlu berubah menjadi air cair terlebih dahulu.

Artinya, salju yang padat terbentuk secara langsung dari uap air yang merupakan gas. Proses pembentukan salju dengan cara mengkristal tersebut terjadi pada suhu rendah yaitu sekitar minus 12 hingga minus 15 derajat celcius.

Embun beku

Ketika musim dingin, kerap terlihat es yang terbentuk pada atap rumah dan daun tumbuhan. Es tersebut merupakan embun beku yang terbentuk melalui peristiwa mengkristal.

Di mana suhu lingkungan sangatlah dingin, sehingga uap air (fase gas) langsung mengkristal dan berubah menjadi es (fase padat) pada permukaan benda. Uap air membeku tanpa mencair terlebih dahulu.

Baca juga: Contoh Peristiwa Membeku dalam Kehidupan Sehari-hari

Jelaga hitam pada knalpot kendaraan

Contoh peristiwa mengkristal selanjutnya adalah adanya jelaga hitam pada knalpot. Tidak hanya pada knalpot, jelaga hitam kerap terlihat perapian atau mesin yang menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Jelaga hitam tersebut merupakan zat karbon hitam. Dilansir dari Climate & Clean Air Coalition, karbon hitam atau jelaga hitam adalah hasil pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil dan biomassa.

Karbon hitam terbentuk gas hasil pembakaran yang mengkristal dan berubah menjadi partikel hitam dan membentuk jelaga pada knalpot kendaraan bermotor.

Pembuatan es kering

Es kering kerap digunakan untuk menjadi zat pendingin, membuat berbagai makanan, juga membuat efek kabut dan asap dalam suatu pertunjukan.

Pembuatan es kering adalah contoh dari peristiwa mengkristal atau deposisi. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, es kering dibuat dari gas karbon dioksida yang dikompresi dan berubah menjadi padat pada suhu sekitar minus 57 derajat celcius.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.