Kompas.com - 25/05/2022, 15:18 WIB

KOMPAS.comAngin merupakan faktor abiotik yang penting bagi kehidupan. Terbentuk dari radiasi panas matahari yang tidak merata di bumi, berikut adalah manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari!

Mengatur cuaca dan iklim

Dilansir dari National Geographic, angin merupakan faktor utama dalam menentukan cuaca dan iklim. Hal ini disebabkan karena angin dapat membawa uap air di atmosfer dan membentuk awan.

Sehingga, angin dapat menentukan terjadinya hujan di suatu daerah. Tidak hanya hujan, angin dapat menciptakan iklim hangat atau dingin, dan memengaruhi cuaca harian.

Mentransfer panas

Selain membawa uap air, air juga membawa energi panas. Angin dapat mentransfer energi panas di dalam sirkulasi udara bumi. Memungkinkan permukaan bumi memiliki perbedaan suhu yang tidak terlalu ekstrem.

Baca juga: Sirkulasi Hadley: Pengertian dan Proses Terjadinya di Atmosfer Bumi

Menjadi energi alternatif ramah lingkungan

Manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah sebagai sumber energi alternatif ramah lingkungan. Angin dapat menghasilkan listrik, menggantikan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara.

Tidak seperti bahan bakar fosil, energi angin tidak akan habis karena terus-menerus diperbarui secara alami. Energi angin juga jauh lebih ramah lingkungan.

Dilansir dari U.S. Departement of Energy, energi angin tidak mencemari udara karena tidak mengemisikan zat pencemar.

Misalnya, nitrogen oksida, sulfur oksida, karbon monoksida, bahkan karbon dioksida. Hal tersebut membuat energi angin adalah jenis energi terbersih yang ada di bumi.

Baca juga: Contoh Penggunaan Sumber Energi Alternatif

Mengeringkan pakaian

Manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari adalah mengeringkan pakaian. Angin membantu membawa partikel air dalam pakaian. Sehingga, pakaian dan cucian dapat kering bahkan saat tidak terkena sinar matahari.

Menggerakkan kapal

Tenaga angin dapat menggerakkan benda di sekitarnya, termasuk kapal. Angin memberikan dorongan bagi kapal untuk berlayar di atas laut, bahkan melintasi samudra yang luas. Banyak jalur pelajaran dan pengiriman yang bergantung pada angin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.