Kompas.com - 24/05/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Kita semua pasti sudah tidak asing dengan istilah fotografi. Di era serba digital ini, fotografi sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mendokumentasikan suatu momen hingga menjadi profesi.

Agar hasil fotografi terlihat bagus dan maksimal, ada teknik khusus yang digunakan dalam memotret, disebut teknik komposisi fotografi.

Pengertian teknik komposisi fotografi

Dilansir dari Digital Photography School, komposisi dalam fotografi mengacu pada posisi elemen dalam bingkai dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.

Sehingga bisa dikatakan bahwa komposisi dalam fotografi merupakan stuktur visual gambar yang dihasilkan.

Sederhananya, komposisi fotografi adalah cara bagaimana seseorang menempatkan subyek ke dalam fotonya.

Dikutip dari Photography Mad, penerapan komposisi fotografi dilakukan untuk meningkatkan dampak suatu pemandangan. Teknik ini sangat penting diterapkan, karena memengaruhi sudut pandang dalam melihat foto.

Baca juga: Fotografi: Pengertian, Tujuan, dan Prinsipnya

Penggunaan komposisi fotografi juga membantu mengambil foto yang lebih menarik, memberi keseimbangan alami, menarik perhatian ke bagian penting dari pemandangan, serta mengarahkan mata khalayak melalui gambar. 

Teknik komposisi fotografi

Ada beberapa teknik komposisi fotografi yang bisa diterapkan ketika mengambil gambar, yaitu:

Rule of third

ilustrasi rule of thirdKompas.com/Aldila Daradinanti ilustrasi rule of third

Adalah jenis komposisi di mana foto dibagi menjadi tiga secara merata oleh dua garis horizontal dan vertikal yang membentuk kisi-kisi imajiner 3*3 9 segmen.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.