Kompas.com - 23/05/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Musik telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Terkadang musik digunakan untuk menghibur diri, namun tak jarang pula dipakai dalam keperluan religius.

Menurut Adjie Esa Poetra dalam buku 1001 Jurus Mudah Menyanyi (2006), musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi.

Seni musik adalah ekspresi perasaan yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Pada dasarnya, musik dibangun oleh nada, amplitudo, timbre, serta unsur waktu.

Fungsi utama musik dalam kehidupan masyarakat adalah menghibur manusia. Sebab memang pada awalnya, seni ini digunakan sebagai media penghibur.

Adapun fungsi ini berarti musik digunakan manusia untuk menghilangkan kejenuhan, sarana rekreasi, dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Tidak hanya bagi para pendengar, tapi juga bagi penciptanya.

Selain itu, fungsi utama musik dalam kehidupan masyarakat adalah menjadi sarana ekspresi diri. 

Maksudnya musik dijadikan sarana untuk mengungkapkan pemikiran, perasaan, gagasan, cita-cita, maupun potensi diri yang dimilikinya.

Baca juga: Pertunjukan Musik: Pengertian dan Bentuk Penyajian Musik

Berikut beberapa fungsi musik dalam kehidupan masyarakat:

Fungsi ritual atau religius

Dikutip dari buku Seni Musik Tradisi Nusantara (2020) karangan Ketut Wisnawa, musik, khususnya tradisional, bisa digunakan sebagai pelengkap kegiatan agama serta kenegaraan.

Contohnya upacara perkawinan, kelahiran, dan kematian. Pada beberapa daerah, musik yang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.