Kompas.com - 20/05/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Menyusun gambar-gambar menjadi gambar baru disebut montase. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, montase artinya komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur dari beberapa sumber. 

Dilansir dari buku Pendidikan Seni Rupa Estetik (2020) karya Arina Restian, montase adalah karya seni tempel yang mengkombinasikan gamabr-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi susunan karya seni baru. 

Sumber yang dimaksud bisa dari koran bekas, majalah bekas, buku yang tidak dipakai, brosur, dan lain-lain. Karya montase dihasilkan dari gambar jadi yang dieksposisikan dengan gambar jadi lainnya.

Misalnya gambar potongan gajah dari majalah, kemudian digabungkan dengan gambar pemandangan dari buku dan beberapa tambahan gambar dari koran. Sehingga menjadi gambar baru pada media yang sama. 

Baca juga: Mengenal Prinsip Kontras dalam Seni Rupa

Cara membuat montase 

Berikut cara membuat montase, dirangkum dari buku Montase dan Pembelajaran (2018) oleh Nurul Aini dan kawan-kawan, yaitu: 

  • Siapkan bahan, seperti:
    1. kertas bekas
    2. kardus atau karton
    3. kain
    4. plastik dan kaleng
    5. styrofoam dan busa
    6. tali
    7. tutup botol dan karet
  • Alat yang digunakan, yaitu:
    1. lem
    2. gunting
    3. kertas atau papan triplek sebagai alas gambar untuk ditempel
  • Siapkan gambar-gambar yang dibutuhkan dengan menyesuaikan obyek cerita. Bisa dari majalah, koran, poster, buku, dan lainnya. 
  • Gunting beberapa gambar yang sesuai dengan kebutuhan atau obyek tema cerita. Gunting dengan rapi dan sesuai pola gambar. 
  • Rekatkan potongan gambar dengan lem, lalu tempelkan pada alay yang diinginkan. 
  • Dari beberapa potongan tersebut, kombinasikan antara gambar satu dengan gambar yang lain sehingga menjadi sebuah gambar yang memiliki tema baru.

Baca juga: Garis dalam Seni Rupa: Pengertian dan Jenisnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.