Kompas.com - 20/05/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.comBasa adalah zat yang memiliki kadar pH di atas tujuh. Basa juga merupakan zat yang dapat menyumbangkan pasangan elektron. Basa banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah contoh basa dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah contohnya!

Antasida

Contoh basa dalam kehidupan sehari-hari adalah antasida, yaitu obat untuk asam lambung.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, antasida mengandung ion alkali (basa) yang secara kimiawi mentralkan asam lambung, mengurangi kerusakan, dan menghilangkan rasa sakit.

Contoh senyawa basa yang digunakan untuk pembuatan antasida adalah natrium bikarbonat, kalsium karbonat, magnesium hidroksida, magnesium karbonat, dan alumunium hidroksida.

Baca juga: Daftar Nama Asam-Basa Kuat dan Asam-Basa Lemah

Sabun

Sabun adalah contoh basa dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya sabun adalah senyawa garam, tetapi memiliki pH yang sedikit basa.

Hal tersebut dikarenakan sabun terbentuk dari basa kuat dan asam lemah. Sehingga, merupakan garam yang bersifat basa.

Soda kue

Contoh basa dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah soda kue. Soda kue terbuat dari senyawa basa yaitu natrium bikarbonat dan biasanya memiliki pH sekitar sembilan.

Soda kue biasanya dicampurkan sebagai pengembang kue. Ketika dipanaskan, soda kue akan terurai menjadi senyawa garam, air, dan karbon dioksida yang membuat kue mengembang.

Baca juga: Teori Asam Basa Lewis

Detergen

Detergen atau sabun yang digunakan untuk mencuci pakaian dan kain dalam rumah tangga adalah contoh basa. Dalam detergen ada zat yang disebut dengan builder.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.