Kompas.com - 19/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Hutan merupakan bagian ekosistem lingkungan yang tak dapat dipisahkan dari seluruh makhluk hidup.

Manusia, tumbuhan, dan hewan membutuhkan hutan untuk memenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh, hewan membutuhkan hutan sebagai tempat berlindung, dan manusia memerlukan hutan untuk dimanfaatkan kayunya.

Menurut Bambang Hero Saharjo dalam buku Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan Indonesia (2016), hutan adalah ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati, didominasi pepohonan yang menyatu dengan alam lingkungan sekitarnya.

Fungsi hutan terkait dengan siklus air

Hutan bisa difungsikan atau dimanfaatkan dalam beberapa hal. Salah satunya, fungsi hutan yang berkaitan dengan siklus air.

Dikutip dari buku Pelestarian Flora dan Fauna (2019) oleh Daryanto, fungsi hutan terkait dengan siklus air adalah untuk membantu menyimpan air.

Sehingga saat musim kemarau tiba, ada cadangan air yang bisa dimanfaatkan manusia untuk minum, mandi, memasak, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Manfaat Hutan Mangrove bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Dilansir dari buku Perspektif Ekonomi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) (2020) karangan Syukur Umar, berkaitan dengan siklus air, hutan juga berfungsi untuk menjaga ketersediaan air bagi manusia dan makhluk hidup.

Ini berkaitan dengan fungsi sebelumnya, di mana hutan membantu menyimpan air dalam tanah melalui akarnya.

Akar pepohonan menimbulkan pori-pori sebagai jalan masuk air ke dalam tanah. Akar juga membantu memperlambat jalannya masuk air, sehingga proses infiltrasi (penyerapan) bisa dilakukan lebih banyak.

Tidak hanya itu, hutan juga berfungsi untuk menyuburkan tanah. Hal ini terjadi karena hutan dapat menyediakan pupuk humus yang ketika terbawa air mampu menyuburkan daerah yang dilaluinya.

Jika disimpulkan, ada tiga fungsi hutan terkait dengan siklus air, yakni:

  1. Membantu penyimpanan air
  2. Membantu menjaga ketersediaan air bagi manusia dan makhluk hidup
  3. Menyuburkan tanah, sehingga tanaman bisa tumbuh dan berkembang menjadi penyimpan cadangan air pula.

Baca juga: Cara Melestarikan Hutan agar Dapat Dimanfaatkan untuk Kegiatan Perekonomian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.