Kompas.com - 11/05/2022, 11:43 WIB

KOMPAS.com – Bakteri nitrosococcus, nitrosomas, dan nitrobacter adalah bakteri nitrifikasi yang menguntungkan tanaman karena mengubah amonia menjadi nitrat dalam nitrifikasi. Namun, apa yang dimaksud dengan nitrifikasi dan denitrifikasi?

Nitrifikasi dan denitrifikasi adalah dua dari tiga tahapan siklus nitrogen bersama dengan fiksasi nitrogen. Pada dasarnya, nitrifikasi adalah kebalikan dari proses denitrifikasi.

Nitrifikasi adalah proses mengubah amonia menjadi nitrit dan nitrat. Sedangkan, denitrifikasi adalah proses mengubah nitrat dan nitrit menjadi gas nitrogen.

Untuk lebih memahami tentang nitrifikasi dan denitrifikasi, berikut adalah pembahasannya.

Baca juga: Proses Daur Nitrogen, Siklus dan Contohnya

Nitrifikasi

Nitrifikasi adalah proses diubahnya amonia (NH3) atau ammonium (NH4+) menjadi nitrat (NO3) melalui reaksi oksidasi.

Dilansir dari Biology LibreTexts, nitrifikasi terdiri dari dua proses yaitu oksidasi amonium menjadi nitrit (NO2) oleh bakteri pengoksidasi amonia dan oksidasi oksidasi nitrit (NO2) menjadi nitrat (NO3) oleh bakteri pengoksidasi nitrit.

Seperti yang disebutkan di atas, nitrifikasi dilakukan oleh bakteri pengoksidasi senyawa nitrogen seperti nitrosococcus, nitrosomas, nitrobacter, dan nitrospina.

Baca juga: Bagaimana Cara Organisme Memperoleh Nitrogen?

Oksidasi dalam nitrifikasi dapat terjadi dengan penambahan oksigen dalam bentuk gas ataupun air. berikut adalah contoh reaksi nitrifikasi:

(nitrosomas)

(nitrobacter dan nitrospina)

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.