Kompas.com - 10/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Teori kultivasi pertama kali dikenalkan oleh Profesor George Gerbner, Dekan di Universitas Pennsylvania.

Kultivasi berarti penguatan, pengembangan, perkembangan, penanaman, atau pereratan. Artinya terpaan media mampu memperkuat persepsi khalayak terhadap realitas sosial. 

Argumen pertama Profesor George Gerbner mengenai teori kultivasi, yakni telebisi telah menjadi anggota keluarga yang penting, anggota yang bercerita paling banyak dan paling sering. 

Teori kultivasi berkembang dari waktu ke waktu melalui serangkaian langkah metodologis dan teoritis oleh Gerbner dan koleganya.

Dikutip dari Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (2017) karya Richard West & Lynn H.Turner, teori kultivasi menekankan pada sistem makro pengaruh televisi terhadap masyarakat secara keseluruhan. 

Baca juga: Teori Kultivasi: Pengertian dan Asumsi

Teori kultivasi telah diaplikasikan terhadap beragam isu efek, seperti juga terhadap beragam situasi di televisi yang ditonton audiens.

Dalam melakukannya, peneliti telah membangun produk dan proses tertentu yang berhubungan dengan teori ini, di antaranya:

Empat tahap proses 

Untuk menggambarkan pandangan mengenai televisi sebuah media yang berpengaruh secara budaya, peneliti kultivasi berdasarkan pada empat tahap proses, yaitu: 

  • Analisis sistem pesan: analisis detail materi program televisi dengan memperlihatkan presentasi citra, tema, nilai, dan gambaran yang konsisten.
  • Formulasi pertanyaan mengenai realitas sosial audiens, termasuk membangun pertanyaan mengenai pemahaman masyarakat mengenai kehidupan sehari-harinya.
  • Melakukan jajak pendapat kepada audiens yang membutuhkan pertanyaan-pertanyaan dari langkah kedua.
  • Perbandingan realitas sosial pada audiens televisi yang tinggi dan rendah. 

Mainstreaming dan resonance 

Dalam analisis kultivasi, televisi memberikan kontribusi terhadap penciptaan sebuah kerangka kerja budaya atau pengetahuan. Kultivasi terjadi dalam dua cara, yakni: 

  • Mainstreaming

Kecenderungan pada audiens tingkat tinggi untuk menerima realitas dominasi budaya yang mirip terhadap hal yang digambarkan media meskipun hal ini berbeda dari realitas aktual.

  • Resonansi

Perilaku yang muncul ketika kehidupan nyata audiens sejalan dengan realitas yang digambarkan pada media.

Baca juga: 3 Bagian Teori Pengaturan Agenda dan Faktor Lainnya

Indeks dunia yang kejam

Sebuah produk dari teori kultivasi yang terdiri dari tiga pernyataan sebagai berikut:

  • Kebanyakan orang menjaga dirinya sendiri
  • Anda tidak bisa terlalu berhati-hati dengan orang-orang lain
  • Kebanyakan orang akan mengambil keuntungan dari anda jika mereka memiliki kesempatan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.