Kompas.com - 09/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Koloid merupakan sistem dispersi yang terdiri dari partikel kecil suatu zat yang disebut fase atau medium pendispersi 

Baik fase terdispersi maupun medium pendispersi dapat berbentuk padat, cair, atau gas. Sistem dispersi koloid bersifat heterogen.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, koloid adalah campuran heterogen yang terbentuk dari zat yang tersebar (terdispersi) ke dalam zat lainnya (pendispersi). 

ukuran partikel koloid lebih besar dari atom tetapi terlalu kecil untuk dilihat mata yaitu sekitar cm hingga cm.

Zat yang dilarutkan dalam koloid tidak larut layaknya dalam campuran homogen, namun tersebar menjadi partikel-partikel ke dalam zat pelarut atau pendispersinya.

Baca juga: Contoh Campuran: Homogen, Heterogen, Suspensi, dan Koloid

Berikut jenis-jenis koloid yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu: 

  • Emulsi cair

Emulsi cair adalah koloid yang fase zat terdispersinya dan fase zat pendispersinya sama-sama cair. Contoh dari emulsi cair adalah susu, minyak dalam air, dan mayonnaise.

  • Emulsi padat

Emulsi pada adalah koloid yang fase zat terdispersinya adalah cair, sedangkan fase zat pendispersinya adalah padat. Contoh emulsi padat adalah keju dan mentega.

  • Sol

Sol memiliki fase terdispersi padat dalam medium pendispersi cair yang tidak mudah berubah sifatnya.

Contoh sol adalah jeli, gelatin, dan darah. Minyak ikan bukan merupakan koloid jenis sol. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.