Kompas.com - 07/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Informasi penting pada teks bacaan sering disebut sebagai gagasan pokok atau gagasan utama. 

Dikutip dari buku 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajaran di SMA/SMK (2017) oleh Kosasih, gagasan pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. 

Gagasan pokok atau infomrasi dalam sebuah teks bacaan merupakan sebuah keterangan atau berita yang bersifat untuk menambah pengetahuan seseorang. 

Letak informasi atau gagasan pokok ini dapat berada di awal paragraf maupun akhir paragraf. Informasi yang terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sedangkan informasi yang berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. 

Salah satu hal untuk menemukan informasi pada teks bacaan adalah membaca dengan teliti teks tersebut. 

Baca juga: Cara Menemukan Gagasan Pokok di Setiap Paragraf

Berikut cara menemukan informasi pada teks bacaan yang disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yakni: 

  • Membaca judul 

Judul dalam sebuah teks bacaan biasanya mewakili isi dari teks tersebut. Sehingga dengan membaca judulnya dapat memberikan gambaran informasi dari teks bacaan. 

  • Membaca teks dengan teliti 

Baca teks dengan teliti dan perlahan. Pahami makna setiap kalimat pada teks untuk menemukan inti dari setiap paragraf. 

  • Mencatat isi pokok bacaan

Gunakan metode 5W+H (what, when, where, who, why, dan how) atau apa, kapan, dimana, siapa, mengapa, dan bagaimana pada teks bacaan. Ketika sudah menemukan jangan lupa untuk dicatat. 

  • Menemukan kalimat utama 

Kalimat utama biasanya memiliki kata kunci. Kata kunci tersebut diulang pada kalimat lain atau digantikan dengan kata ganti. Kalimat tersebut juga dijelaskan dengan kalimat lainnya. Ketika sudah menemukan kata kuncinya, tandai kata tersebut. 

Baca juga: Perbedaan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.