Kompas.com - 07/05/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Perbedaan pasti akan selalu dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan muncul karena adanya keberagaman di lingkungan sekitar kita.

Contohnya kondisi masyarakat Indonesia yang sangat beragam, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, agama, dan bahasa.

Tentunya kita harus menyikapi perbedaan ini dengan bijak. Sebab perbedaan yang ada bukanlah jurang pemisah, melainkan menjadi pemersatu.

Mengapa kita perlu menghargai perbedaan?

Menurut Yunus dan Subhan Fadli dalam buku Pluralisme dalam Bingkai Budaya (2020), menghargai perbedaan berasal dari dua kata kunci, yakni "menghargai" dan "perbedaan".

Kata menghargai bisa diartikan sebagai sikap menghormati atau mengindahkan. Sementara perbedaan adalah sesuatu hal yang berbeda.

Jadi, menghargai perbedaan adalah sikap menghormati atau mengindahkan sesuatu hal yang berbeda. Ini termasuk sikap positif, karena mengutamakan nilai kebersamaan dan menghargai orang lain.

Baca juga: Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara Indonesia

Dikutip dari buku Menjadi Aktivis Kampus Zaman Now: Intelektualitas Gerakan, Godaan Kekuasaan, dan Masa Depan Aktivis (2018) karangan Ubedilah Badrun, menghargai perbedaan bisa dilakukan melalui beberapa hal.

Contohnya menghargai perbedaan suku, agama, ras, agama, dan bahasa. Contoh lainnya, menghargai perbedaan pemikiran orang lain.

Kita perlu menghargai perbedaan supaya kehidupan masyarakat tetap harmonis, selaras, dan rukun. Karena tanpa sikap ini, kondisi masyarakat menjadi tidak aman dan nyaman.

Selain itu, kita perlu menghargai perbedaan supaya tidak terjadi masalah, perselisihan, atau konflik di antara masyarakat.

Menghargai perbedaan juga perlu dilakukan guna menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, serta memperkuat solidaritas antarmanusia.

Kesimpulannya, alasan mengapa kita perlu menghargai perbedaan ialah:

  1. Supaya kehidupan terjaga harmonis, selaras, dan rukun
  2. Agar tidak terjadi masalah, perselisihan, atau konflik
  3. Untuk menciptakan rasa persatuan dan kesatuan
  4. Memperkuat solidaritas antarmanusia.

Baca juga: Sikap Terhadap Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.