Kompas.com - 06/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua kajian utama, yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Baik ekonomi mikro maupun makro, keduanya sering digunakan untuk mengkaji serta mempelajari perilaku ekonomi individu dan masyarakat.

Jelaskan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Salah satu perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro adalah ruang lingkupnya.

Ekonomi mikro memiliki ruang lingkup yang terbatas antara produsen dan konsumen. Lebih tepatnya mencakup perilaku individu, rumah tangga, serta perusahaan. Contohnya produksi suatu barang dan jasa.

Sedangkan ruang lingkup ekonomi makro jauh lebih luas dan kompleks. Sebab ilmu ini tak hanya membahas perilaku dan permasalahan ekonomi dalam rumah tangga, melainkan secara keseluruhan atau tingkat nasional. Contohnya inflasi dan pengangguran.

Baca juga: Ekonomi Mikro: Pengertian, Ruang Lingkup dan Teorinya

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro:

Pengertiannya

Menurut Arwin dalam Buku Ajar Pengantar Ekonomi Mikro (2020), ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari kegiatan ekonomi dan unit ekonomi individual, yakni individu sebagai konsumen, sebagai pemilik faktor produksi, maupun sebagai produsen.

Sementara itu, dikutip dari buku Ekonomi Makro (2016) karya Ali Ibrahim Hasyim, ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari perekonomian secara keseluruhan atau agregat.

Dalam buku Aspek Dasar Ekonomi Makro di Indonesia (2005) oleh Tri Kunawangsih Pracoyo dan Antyo Pracoyo, konteks agregat yang dimaksud dalam ekonomi makro mengarah pada variabel total, seperti pendapatan total, produksi total, tabungan, investasi, dan sebagainya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.