Kompas.com - 05/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Seni tari adalah gerakan berirama yang dilakukan di suatu tempat tertentu secara bersamaan, guna mengungkapkan perasaan, untuk keperluan pergaulan, atau lainnya.

Tari termasuk seni audiovisual. Karena memperlihatkan gerakan tari yang dibarengi dengan iringan musik atau lagu yang sesuai.

Jabarkan empat jenis tari berdasarkan bentuk penyajiannya! 

Berdasarkan bentuk penyajiannya, jenis tari dapat dibagi menjadi empat, yakni tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok, serta tari massal.

Berikut penjabarannya:

Tari tunggal

Menurut Muhdi Kurnia dalam Tari Tradisi Melayu: Eksistensi dan Revitalisasi Seni (2016), tari tunggal adalah jenis tarian yang dibawakan oleh seorang penari.

Terkadang jenis tari ini bisa dimainkan oleh banyak penari, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ciri-ciri Tari sebagai Upacara

 

Salah satu kelebihan tari tunggal adalah penari memiliki kebebasan untuk berekspresi. Selain itu, jenis tari ini juga biasanya menggambarkan tokoh tertentu.

Contoh tari tunggal adalah tari Gatotkaca, tari Topeng Kelana, dan tari Panji.

Tari berpasangan

Dikutip dari buku Wayang Wong Priangan (2022) oleh Iyus Rusliana, tari berpasangan adalah jenis tarian yang dipentaskan oleh dua penari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.