Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Pembangunan: Definisi, Peran, Fungsi, dan Model

Kompas.com - 27/04/2022, 17:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKomunikasi pembangunan adalah komunikasi yang berguna untuk upaya peningkatan kondisi sosial dan ekonomi yang dilakukan oleh negara khususnya negara berkembang.

Menurut Peterson dalam buku Sumadi Dilla yang berjudul Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu (2007), komunikasi pembangunan adalah usaha yang terorganisir untuk menggunakan proses komunikasi dan media dalam meningkatkan taraf sosial dan ekonomi secara umum berlangsung dalam negara yang sedang berkembang.

Quebral dalam buku Zulkarimen Nasution yang berjudul Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya (2007), memaparkan komunikasi pembangunan adalah komunikasi yang dilakukan untuk melaksanakan rencana pembangunan suatu negara.

Baca juga: Apa Itu Teori Pengurangan Ketidakpastian dalam Ilmu Komunikasi?

Peran Komunikasi Pembangunan

Dikutip dari buku Nasution (2007) oleh Hedebro, merumuskan beberapa peran komunikasi pembangunan yaitu:

  • Menciptakan iklim bagi perubahan dengan membujukkan nilai-nilai, sikap, mental, dan bentuk perilaku yang menunjang modernisasi.
  • Mengajarkan keterampilan baru, baca tulis, hingga lingkungan.
  • Meningkatkan aspirasi yang merupakan perangsang untuk bertindak nyata.
  • Membantu masyarakat menemukan norma-norma baru dan keharmonisan dari masa transisi.
  • Membuat orang lebih condong untuk berpartisipasi membuat membuat keputusan dalam masyarakat.
  • Mengubah struktur kekuasaan pada masyarakat tradisional dengan pengetahuan massa.
  • Menciptakan rasa kebangsaan sebagai sesuatu yang mengatasi kesetiaan-kesetiaan lokal.
  • Membantu mayoritas populasi menyadari pentingnya arti mereka sebagai warga negara, sehingga membantu meningkatkan aktivitas politik.
  • Memudahkan perencanaan dan implementasi program-program pembangunan yang berkaitan dengan kebutuhan penduduk.
  • Membuat pembangunan ekonomi, sosial, dan politik menjadi proses yang berlangsung sendiri.
  • Media massa dapat bertindak sebagai pengganda sumber-sumber daya pengetahuan.
  • Media massa dapat mengantarkan pengalaman-pengalaman yang seolah-olah dialami sendiri sehingga mengurangi biaya psikis dan ekonomis untuk menciptakan kepribadian yang mobile.

Baca juga: Apa Saja Jenis Komunikasi Nonverbal?

Fungsi Komunikasi Pembangunan

Beberapa fungsi komunikasi pembangunan antara lain:

  • Sebagai proses penyebaran informasi dan penerangan kepada masyarakat, titik pandang komunikasi pembangunan difokuskan pada usaha penyampaian dan pembagian (sharing) ide, gagasan, dan inovasi pembangunan antara pemerintah dan masyarakat.
  • Sebagai proses pendidikan dan keterampilan bagi masyarakat, titik pandang komunikasi pembangunan difokuskan pada penyediaan model pembelajaran publik yang murah dan mudah dalam mendidik, dan mengajarkan keterampilan yang bermanfaat.
  • Sebagai proses rekayasa sosial, komunikasi pembangunan dipandang sebagai bentuk pengembangan tindakan komunikasi yang sistematis, terencana dan terarah, dalam melakukan informasi ide, gagasan atau inovasi melalui informasi yang disebarluaskan dan diterima sehingga menimbulkan pastisipasi masyarakat dalam melakukan perubahan.
  • Sebagai proses perubahan perilaku, komunikasi pembangunan dipandang sebagai proses psikologis, proses sebagai tindakan komunikasi yang berkesinambungan, terarah, dan bertujuan.

Baca juga: Komunikasi Terapeutik: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, dan Tahapnya

Model Komunikasi Pembangunan

Dalam buku Teori-Teori Komunikasi (2020) oleh Zaenal Mukarom, setidaknya terdapat tiga model komunikasi pembangunan, antara lain:

Model komunikasi linier

Komunikasi linier diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui saluran (penyaring). Komponen utama model ini adalah pesan, sumber, gatekeepers, penerima, dan umpan balik.

Model komunikasi relasional

Komunikasi relasional diartikan sebagai seperangkat aktivitas interkasi yang berpusat pada informasi sebagai bagian dari hubungan sosial tersebut. Komponen utama dari model ini adalah informasi, hubungan baik antar partisipan, dan penerima aktif.

Model komunikasi konvergen

Komunikasi konvergen diartikan sebagai suatu proses konvergen (memusat) dengan informasi yang disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berkomunikasi dalam rangka mencapai saling pengertian (konsensus).

Komponen utama dari model ini adalah informasi, konvergensi, saling pengertian, kesepakatan bersama, tindakan bersama, dan jaringan hubungan sosial.

Baca juga: Bagaimana Proses Komunikasi Politik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com