Kompas.com - 23/04/2022, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Setiap kegiatan produksi tentu memerlukan unsur-unsur yang dapat digunakan dalam proses produksi. 

Faktor produksi dapat dikatakan juga sebagai sumber daya ekonomi. Adanya sumber daya ekonomi menjadikan sistem ekonomi jauh lebih baik. 

Dikutip dari buku Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan (1997) oleh Suparmoko, berikut sistem sumber daya yang tersedia pada ekonomi, yakni: 

Sumber daya alam 

Sumber daya alam merupakan potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam meliputi tanah, air, udara, atau bahan tambang.

Tanah menjadi sala satu sumber daya alam yang penting karena dijadikan sebagai lahan perkebunan, sarana umum, pertanian, bangunan, dan lain sebagainya. 

Sumber daya alam terbagi menjadi dua, yakni: 

  • Sumber daya alam dapat diperbarui artinya dapat dibuat atau dipulihkan, seperti tumbuhan, ikan, hewan, dan pepohonan. 
  • Sumber daya alam tidak dapat diperbarui ialah sumber daya yang terbentuk dari proses alamiah dan membutuhkan waktu yang lama. Sumber daya alam ini sulit dibuat kembali, contohnya minyak bumi, batu bara, dan gas alam. 

Baca juga: Mengapa Faktor Ekonomi Bisa Menghambat Proses Mobilitas Sosial?

Sumber daya manusia 

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam fator produksi yang termasuk dalam sumber daya manusia yaitu tenaga kerja

Tenaga kerja adalah seluruh kegiatan manusia baik jasmani atau rohani dalam proses produksi dalam menghasilkan barang dan jasa. 

Sumber daya manusia digolongkan menjadi beberapa bagian, sebagai berikut: 

  • Tenaga kerja terlatih (trained labour)
  • Tenaga kerja terdidik (skilled labour)
  • Tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih (unskilled and untrained labour) 

Kewirausahaan 

Dalam buku Manajemen Kewirausahaan (2020) karya Kurnia Dewi dan teman-teman, definisi kewirausahaan adalah sikap atau kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru dan memiliki nilai serta manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.