Kompas.com - 09/04/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com – Berdasarkan lapisan germinalnya, hewan dibedakan menjadi dua yaitu hewan diploblastik dan triploblastik. Hewan diploblastik memiliki dua lapisan germinal. Lalu, apa yang dimaksud dengan hewan triploblastik?

Pengertian triploblastik

Dilansir dar Biology LibreTexts, triploblastik adalah hewan yang memiliki tiga lapisan germinal utama yang terbentuk selama gastrulasi blastula pada perkembangan embriologi.

Tiga lapisan germinal atau lapisan kuman tersebut adalah ektoderm (Lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan juga endoderm (lapisan dalam).

Fungsi lapisan germinal hewan triploblastik

Kapisan germinal dalam embrio hewan triploblastik akan berkembang dan membentuk berbagai jaringan juga organ hewan.

Baca juga: Hewan Diploblastik: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Ketiga lapisan akan membentuk jaringan dan organ yang berbeda sebagai berikut:

Ektoderm

Ektoderm atau lapisan luar akan membentuk jaringan epitel luar dan sistem saraf pusat seperti otak dan sumsum tulang belakang. Ektoderm juga akan membentuk organ berupa lensa mata dan rambut.

Mesoderm

Dilansir dari Lumen Learning, mesoderm akan membentuk jaringan otot (termasuk jaringan jantung dan otot usus), jaringan ikat (rangka dan sel darah), juga sebagian besar organ viseral seperti ginjal dan limfa.

Endoderm

Endoderm atau lapisan dalam akan membentuk lapisan saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan juga organ seperti lambung, usus, hati, pankreas, kandung kemih, paru-paru, bronkus, dan juga trakea.

Baca juga: Perkembangan Embrionik pada Hewan

Jenis hewan triploblastik

Hewan triploblastik apa saja? Untuk mengetahui jawabannya, terlebih dahulu kita harus mengetahui klasifikasi hewan triploblastik.

Hewan triploblastik terbagi menjadi tiga jenis yaitu aselomata, pseudocoelomates, dan eucoelomates.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.