Kompas.com - 29/03/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai yang sepatutnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya lewat perilaku tiap individu atau kelompok, tetapi juga melalui perumusan peraturan dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan aspek kenegaraan.

Makna Pancasila sebagai dasar negara

Dikutip dari jurnal Pancasila sebagai Dasar Negara dan Implementasinya dalam Berbagai Bidang (2021) oleh Alvira Oktavia Safitri dan Dinie Anggaraeni Dewi, Pancasila sebagai dasar negara berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan ketatanegaraan Indonesia didasarkan pada Pancasila.

Begitu pula halnya dalam penyelenggaraan pemerintahan Indonesia, yang juga harus dilaksanakan dengan menjadikan Pancasila sebagai landasan atau pedomannya.

Pancasila sebagai dasar negara sering juga disebut sebagai dasar falsafah negara atau ideologi negara.

Dilansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Blended Learning (2021) karya Maulana Arafat Lubis, berkaitan dengan fungsi Pancasila sebagai dasar negara, berarti pelaksanaan Pancasila bersifat mengikat dan imperatif (keharusan).

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara berarti Undang-undang Dasar dan semua turunan peraturan mengikuti Pancasila dan tidak bertentangan dengan Pancasila.

Pancasila merupakan norma hukum yang tidak boleh dikesampingkan atau dilanggar. 

Baca juga: Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

Berikut beberapa makna Pancasila sebagai dasar negara:

  1. Sebagai dasar untuk menata negara yang merdeka serta berdaulat
  2. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih, berwibawa sehingga tujuan nasional tercapai, sebagaimana yang tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945
  3. Sebagai dasar, arah, dan petunjuk aktivitas kehidupan bangsa Indonesia.

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara

Secara yuridis, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, dijelaskan dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 yang berbunyi:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.