Kompas.com - 10/03/2022, 16:07 WIB


KOMPAS.comSenyawa ester adalah senyawa organik yang kerap digunakan sebagai penambah aroma dan rasa. Sama seperti senyawa kimia lainnya, ester memiliki penamaanya sendiri yang disebut sebagai tata nama senyawa ester.

Rumus umum senyawa ester

Senyawa ester adalah turunan alkil dalam asam karboksilat, sehingga ester juga disebut dengan alkil alkanoat. Penamaan senyawa ester sesuai dengan tata nama senyawa kimia IUPAC.

Untuk memahami cara penamaan senyawa ester, terlebih dahulu kita harus mengetahi rumus umus senyawa ester. Apa rumus umum ester?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ester biasanya dibuat dari reaksi antara asam karboksilat dan dan alkohol. Sehingga, memiliki rumus rumum berupa RCOOR’.

Baca juga: Senyawa Ester

Rumus ester RCOOR’ merupakan turunan dari rumus asam karboksilat RCOOH dan alkohol R’OH. R adalah hidrokarbon yang berasal dari asam karboksilat. Adapun, R’ melambangkan gugus alkil atau hidrokarbon yang berasal dari alkohol.

Rumus kimia senyawa ester

Selain rumus umum, senyawa ester juga memiliki rumus kimia yang umum. Ester terbentuk dari gabungan karbon, hidrogen, dan juga oksigen.

Rumus kimia senyawa ester adalah CnH2nO2. Di mana n adalah bilangan bulat seperti 1, 2, dan 3.

Tata nama IUPAC senyawa ester

Seperti yang kita ketahui, senyawa ester atau alkil alkanoat adalah turunan asam karboksilat. Sehingga, memiliki tata nama yang hampir sama dengan tata nama asam karboksilat.

Dilansir dari Lumen Learning, nama ester dituliskan dari alkohol dan asam induknya. Artinya, ester dituliskan dari gugus alkilnya terlebih dahulu tanpa adanya nomor.

Baca juga: Menentukan Nama Senyawa dan Hasil Reaksinya

Setelah gugus alkil dari alkohol dituliskan, barulah gugus asetat dari asm karboksilat dituliskan dengan akhiran –oat.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.