Kompas.com - 07/03/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Upaya pelestarian hutan tidak bisa hanya dilakukan beberapa orang saja. Seluruh masyarakat harus turut serta dalam melestarikan hutan.

Hutan adalah tanah luas yang ditumbuhi pepohonan. Hutan sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Selain menjadi sumber oksigen, bagi manusia, hutan juga sering dimanfaatkan dalam kegiatan perekonomian.

Sebagai contoh, hutan jati dimanfaatkan batang kayunya untuk membuat meja, kursi, lemari, atau peralatan berbahan dasar kayu lainnya. Setelah itu, hasil olahan kayu dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Menurut Rusnadi Rahmat Putra dalam buku Manajemen Bencana (2020), hutan perlu dijaga kelestariannya agar manusia bisa memaksimalkan potensi sumber daya alam hutan.

Artinya pemanfaatan potensi hutan juga harus diimbangi dengan tindakan pelestarian, supaya hutan tetap terjaga.

Baca juga: Langkah Konkrit untuk Melestarikan Air Sehari-hari

Bagaimana cara melestarikan sumber daya hutan agar tetap dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian?

Dikutip dari Buku Ajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (2019) karya Sarintan Efratani Damanik, berikut beberapa cara pelestarian hutan:

Reboisasi

Adalah usaha penanaman hutan kembali. Reboisasi dilakukan dengan menanam bibit pohon di dalam wilayah hutan.

Sistem tebang pilih

Agar tetap dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian, hutan dapat dilestarikan dengan menerapkan sistem tebang pilih. Adalah sistem memilih dan menebang pohon yang memang sudah layak ditebang, misalnya pohon berusia tua.

Pelaksanaan sistem ini tidak hanya sebagai upaya pelestarian hutan, tetapi juga menjadi upaya pencegahan agar tidak terjadi kerusakan hutan dan aksi penebangan liar.

Sistem tebang tanam

Cara lain untuk melestarikan hutan ialah melakukan tebang tanam. Setelah menebang, seharusnya diikuti dengan usaha menanam pohon kembali, agar hutan tidak gundul dan kelestariannya tetap terjaga.

Baca juga: 5 Kegiatan Untuk Menjaga Sumber Daya Alam Menurut Jenisnya

Memberi sanksi bagi pelaku penebangan liar

Hutan juga dapat dijaga kelestariannya dengan memberi sanksi kepada pihak-pihak yang melakukan penebangan liar. Sanksi tersebut harus tegas dan mampu memberi efek jera bagi pihak tersebut.

Contohnya, pemberian sanksi denda dan hukuman penjara bagi para penebang liar. Jika tidak diberi sanksi, pelaku tidak akan jera dan terus menebang hutan. Akibatnya hutan tidak terjaga kelestariannya dan tidak bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.