Kompas.com - 17/02/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.comProses komunikasi secara primer terjadi ketika manusia menggunakan lambang (simbol) dalam penyampaian pesannya. Sedangkan proses komunikasi secara sekunder berlangsung ketika manusia memakai alat (sarana) untuk menyampaikan pesannya setelah penggunaan simbol.

Dalam praktiknya, proses komunikasi selalu terjadi secara primer dan sekunder. Perbedaan antara keduanya terletak pada jenis media apa yang digunakan.

Dikatakan primer, ketika proses komunikasinya hanya menggunakan simbol dalam berkomunikasi. Sedangkan disebut sekunder saat komunikasinya berlangsung memakai alat atau sarana seusai penggunaan simbol.

Contoh proses komunikasi secara primer

Menurut Teddy Dyatmika dalam buku Ilmu Komunikasi (2021), simbol atau lambang dalam proses komunikasi secara primer dapat berupa bahasa, gestur, isyarat, gambar, serta warna yang mampu menerjemahkan pikiran atau perasaan komunikator kepada komunikan.

Dalam proses komunikasi ini, bahasa menjadi media yang paling sering digunakan. Karena dianggap paling mudah dalam menyampaikan perasaan, pikiran, maupun gagasan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Proses Komunikasi Secara Primer?

Berikut beberapa contoh proses komunikasi secara primer:

  1. Andi menggelengkan kepala sebagai tanda tidak setuju, ketika Rosa menyampaikan idenya tentang tugas kelompok.
  2. Dimas mengungkapkan perasaan cinta kepada Risa menggunakan kalimat “I love you”.
  3. Reihan menggunakan baju berwarna hitam saat pergi melayat.
  4. Aira tersenyum sambil menganggukkan kepalanya ketika berkomunikasi dengan sahabatnya.
  5. Thomas menunjukkan foto kucing peliharaannya kepada teman dekatnya.

Contoh proses komunikasi secara sekunder

Dikutip dari buku Etika Komunikasi Organisasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (2018) oleh H. A. Rusdiana, proses komunikasi secara sekunder dilakukan lewat bantuan alat (sarana) sebagai medianya.

Penggunaan media ini diperlukan karena komunikannya berada di tempat yang relatif jauh atau berjumlah banyak.

Jenis media yang sering digunakan adalah media massa, seperti televisi, radio, film, majalah, dan buku, serta media nirmassa, seperti telepon, surat, dan telegram.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Proses Komunikasi Secara Sekunder?

Berikut beberapa contoh proses komunikasi secara sekunder:

  1. Dimas menelepon untuk menanyakan kabar orangtuanya.
  2. Perusahaan media menyiarkan informasi aktual kepada seluruh masyarakat Indonesia.
  3. Aldi berkomunikasi lewat email dengan Saras yang sedang berada di luar negeri.
  4. Iklan lowongan pekerjaan di koran merupakan sarana bagi perusahaan untuk menyampaikan pesannya kepada seluruh masyarakat. Pesan yang dimaksud adalah perusahaan itu sedang membuka lowongan pekerjaan.
  5. Film digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan tertentu kepada penonton. Misalnya pesan kesetiaan, pesan persahabatan, kekeluargaan, dan sebagainya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.