Kompas.com - 28/01/2022, 13:00 WIB

Oleh: Abdul Rahmat, Guru SDN 011 Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com - Kota Balikpapan terletak di Provinsi Kalimantan, yang kelak akan menjadi salah satu kota penyangga ibukota baru.

Kota dengan maskot beruang madu ini memiliki beragam sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Berikut beberapa sumber daya alam di Kota Balikpapan: 

Minyak dan gas bumi

Pemanfaatan sumber daya alam di Kota Balikpapan salah satunya adalah minyak dan gas, hingga kota ini mendapat julukan sebagai Kota Minyak.

Sebagian besar sumber daya alam minyak dan gas di Kota Balikpapan dikelola oleh BUMN, yaitu Pertamina. 

Walaupun minyak bumi dan gas di Kalimantan diperkirakan masih cukup banyak persediannya, tetapi sumber daya ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 

Sehingga Kota Balikpapan juga harus berupaya untuk tidak selalu tergantung pada sektor migas saja.

Kini Kota Balikpapan juga berupaya menggali potensi industri lain di luar sektor minyak dan gas, terutama pada pada sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Minyak Bumi

Perikanan

Salah satu yang juga terkenal di Kota Balikpapan ialah kuliner seafood atau makanan lautnya. Banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan menu berupa ikan, kepiting, udang dan sebagainya yang memanjakan lidah. 

Lokasi Kota Balikpapan di pesisir laut menjadikan kota ini kaya akan hasil laut. Sumber daya alam berupa perikanan menjadi komoditi yang menjanjikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.