Kompas.com - 26/01/2022, 15:32 WIB
Persamaan lingkaran Kompas.com/SILMI NURUL UTAMIPersamaan lingkaran


KOMPAS.com – Dalam ilmu matematika lingkaran adalah salah satu bangun geometri yang penting. Lingkaran dapat digambar dalam diagram kartesius dan dinyatakan dalam bentuk persamaan lingkaran, sebagaimana grafik persamaan garis.

Pengertian persamaan lingkaran

Apakah yang dimaksud dengan persamaan lingkaran? Dilansir dari Cuemath, persamaan lingkaran asalah cara aljabar untuk menggambarkan lingkaran berdasarkan pusat dan panjang jari-jarinya pada diagram kartesius.

Lingkaran dapat digambar dalam diagram kartesius karena lingkaran terbentuk dari kumpulan titik dengan koordinat tertentu. Lingkaran pada dasarnya adalah sekumpulan titik yang tidak terhingga jumlahnya dan masing-masing memiliki jarak yang sama terhadap suatu titik pusat.

Baca juga: Mengenal Unsur-Unsur Lingkaran

Titik-titik tersebut membentuk keliling lingkaran. Adapun, jarak antar titik-titik tersebut dengan titik pusat membentuk jari-jari lingkaran. Persamaan lingkaranlah yang merepresentasikan koordinat dari titik pusat dan seluruh titik-titik yang membentuk keliling lingkaran.

Bentuk standar persamaan lingkaran

Bentuk standar persamaan lingkaran terbagi menjadi dua, yaitu persamaan lingkaran dengan titik pusat (0, 0) dan persamaan lingkaran dengan pusat (a, b).

Persamaan lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (0, 0)

Jika titik pusat lingkaran berada tepat di perpotongan sumbu x dan sumbu y diagram kartesius atau titik (0, 0), maka akan mudah menentukan persamaan lingkarannya. Persamaan lingkarannya hanya perlu mematuhi teorema phytagoras sebagai berikut:

x² + y² = r²

Dengan,
x: koordinat satu titik keliling lingkaran terhadap sumbu x
y: koordinat satu titik keliling lingkaran terhadap sumbu y
r: jari-jari lingkaran

Baca juga: Persamaan Kuadrat, Jawaban Soal TVRI 15 September SMP

Persamaan lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (a, b)

Jika titik pusat lingkaran tidak tepat di titik (0, 0), artinya titik pusat lingkaran memiliki koordinat yang harus diperhitungkan dalam menentukan persamaan lingkarannya.

Lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (a, b)Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (a, b)
Pada gambar terlihat bahwa pusat lingkaran berada pada koordinat (a, b), sedangkan satu titik pada keliling lingkaran diketahui berada pada koordinat (x, y). Untuk mendapat jari-jarinya, kita harus menggunakan teorema phytagoras.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.