Kompas.com - 18/01/2022, 14:00 WIB
Ilustrasi komunikasi nonverbal Freepik.com/JcompIlustrasi komunikasi nonverbal

KOMPAS.com - Fungsi komunikasi nonverbal menurut Mark L. Knapp adalah repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi.

Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat, gerak tubuh, dan raut wajah.

5 fungsi komunikasi nonverbal menurut Mark L. Knapp

Secara umum, komunikasi nonverbal berfungsi untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi, serta mempermudah komunikator dalam mengirimkan pesan dan komunikan saat menerima pesan.

Mark L. Knapp memaparkan lima fungsi komunikasi nonverbal, yakni:

Repetisi

Melansir buku Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar (2020) karya Bonaraja Purba, dkk, komunikasi verbal punya kesamaan makna dengan nonverbal saat terjadi repetisi atau pengulangan.

Repetisi ini dimaksudkan untuk mengulangi maksud komunikasi verbal. Contohnya, seseorang menganggukkan kepala ketika mengatakan “iya” dan menggelengkan kepala saat mengatakan “tidak”.

Baca juga: Komunikasi Nonverbal: Pengertian dan Contohnya

Substitusi

Fungsi komunikasi nonverbal ini berarti ada penggantian lambang verbal. Saat seseorang tidak menggunakan bentuk verbal dalam berkomunikasi, orang tersebut akan menggantinya (substitusi) dengan nonverbal.

Substitusi bisa terjadi karena fungsi dari pesan nonverbal yang disampaikan sudah cukup jelas dan mudah dimaknai lawan bicara. Misalnya, tanpa mengucapkan sepatah kata apa pun, seseorang bisa menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda setuju.

Kontradiksi

Dikutip dari jurnal Komunikasi Verbal dan Nonverbal (2016) karya Tri Indah Kusumawati, kontradiksi adalah penolakan pesan verbal atau pemberian makna lain terhadap pesan verbal yang disampaikan.

Kontradiksi bisa berfungsi sebagai humor atau sindiran. Sebagai contoh, seseorang memuji prestasi orang lain sambil mengolok-olok.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.