Kompas.com - 18/01/2022, 10:56 WIB


KOMPAS.com – Dalam ilmu matematika, ada yang disebut dengan fungsi linear, persamaan kuadrat, dan fungsi kuadrat. Untuk membedakannya, kita harus mengetahui cirinya masing-masing.

Apakah ciri-ciri fungsi kuadrat? Berikut adalah karakteristik fungsi kuadrat bersama penjelasannya!

Bentuk umum

Ciri pertama dari fungsi kuadrat adalah bentuk umumnya. Fungsi kuadrat memiliki bentuk umum sebagai berikut:

f(x) = ax² + bc + c

Dengan a tidak boleh sama dengan nol. Fungsi kuadrat yang peling sederhana adalah y =x^2.
Derajat tertinggi adalah dua

Baca juga: Himpunan yang Memenuhi Fungsi Kuadrat, Jawaban Soal TVRI

Fungsi kuadrat memiliki pengubah variabel dengan derajat tertinggi dua. Variabel yang memiliki derajat dua adalah variabel x. Karena memiliki derajat dua inilah, fungsi kuadrat disebut dengan fungsi polinomial (fungsi suku banyak).

Domain fungsi kuadrat

Selayaknya suatu fungsi, fungsi kuadrat memiliki domain atau daerah asal. Dilansir dari Cuemath, fungsi kuadrat adalah fungsi polinominal untuk semua nilai riil x, sehinggai domain dari fungsi kuadrat adalah himpunan bilangan R.

Memiliki grafik berbentuk parabola

Ciri selanjutnya yang dimiliki oleh fungsi kuadrat adalah jika diplotkan pada sistem koordinat kartesian, grafiknya berbentuk parabola. Parabola tersebut dapat berbentuk curam maupun landai, tetapi memiliki bentuk dasar “u” yang sama.

Bentuk parabola tersebut juga bisa membuka ke atas atau ke bawah bergantung pada nilai a nya. Selain bergantung pada nilai a, grafik fungsi kuadrat juga bergantung pada variabel lain yang terangkum dalam sifat-sifat grafik fungsi kuadrat.

Baca juga: Sifat-sifat Grafik Fungsi Kuadrat

Memiiki titik balik maksimum atau minimum

Jika digambarkan, fungsi kuadrat memiliki titik balik maksimum ataupun minimum. Dilansir dari Lumen Learning, jika parabola terbuka ke atas maka titik terendah pada grafik adalah titik balik minimum. Sedangkan, jika parabola terbuka ke bawah, maka titik tertinggi pada grafik adalah titik balik maksimum.

Memiliki sumbu simetri

Ciri selanjutnya dari fungsi kuadrat adalah memiliki sumbu simetri. Dilansir dari UNCW Randall Library, sumbu simatris membagi parabola menjadi dua bagian yang simetris.

Sumbu simetri biasanya memotong parabola secara vertikal, sejajar pada sumbu y tepat pada titik baliknya. Sumbu simetri fungsi kuadrat memiliki rumus berupa x = -b/2a.

Baca juga: Menentukan Faktor Persamaan Kuadrat Tanpa Rumus ABC

Memiliki diskriminan

Fungsi kuadrat juga memiliki diskriminan. Dilansir dari Khan Academy, diskriminan memberitahukan apakah suatu fungsi kuadrat memiliki dua solusi, satu solusi, atau tidak ada solusi. Diskriminan fungsi kuadrat memiliki rumus berupa D = b² – 4ac.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.