Kompas.com - 18/01/2022, 10:00 WIB
Ilustrasi perbedaan periklanan dan publisitas Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi perbedaan periklanan dan publisitas

KOMPAS.com - Perbedaan periklanan dan publisitas terletak pada cara promosi, biaya yang harus dikeluarkan perusahaan, tujuan, pihak yang melakukannya, fokus utama, frekuensi pelaksanaannya, serta keberpihakan.

Periklanan dan publisitas merupakan bentuk komunikasi pemasaran. Keduanya sama-sama efektif dalam mengenalkan produk, merek, atau perusahaan kepada publik.

Mengutip buku Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual (2018) karya Maria Fitriah, periklanan adalah penggunaan media bauran oleh pemasaran untuk mengomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa, atau perusahaan.

Sementara itu, melansir buku Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication (2009) karya Freddy Rangkuti, publisitas adalah bentuk komunikasi mengenai perusahaan, produk, atau merek si pemasar tanpa membutuhkan pembayaran.

Perbedaan periklanan dan publisitas

Walau dipandang sama-sama efektif, periklanan dan publisitas merupakan alat pemasaran yang berbeda.

Baca juga: Periklanan: Fungsi dan Tujuannya

Apa perbedaan antara periklanan dan publisitas?

Cara promosi

Bentuk promosi periklanan dilakukan dengan mengenalkan serta memaparkan kelebihan yang dimiliki merek, perusahaan, dan produk. Sementara cara promosi publisitas dilakukan dengan memublikasikan produk, merek, dan perusahaan.

Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan

Periklanan bisa juga diartikan sebagai bentuk komunikasi yang dibayar. Artinya perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mempromosikan produk lewat iklan.

Sedangkan publisitas tidak membutuhkan pembayaran. Karena pihak humas (hubungan masyarakat) akan memberi sejumlah informasi yang dianggap memiliki nilai berita kepada jurnalis atau wartawan untuk diberitakan di media massa.

Tujuan

Dalam situs Key Differences disebutkan bahwa periklanan ditujukan untuk tujuan komersial dengan mengiklankan produk atau merek. Sementara tujuan publisitas lebih mengarah pada memberikan informasi kepada publik.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.