Kompas.com - 17/01/2022, 12:59 WIB


KOMPAS.com – Manusia memiliki organ luas dan organ dalam yang bekerja untuk mempertahankan fungsi tubuh. Apa saja organ luar manusia? Berikut adalah 10 organ luas manusia beserta fungsinya!

Organ luar adalah organ yang berada di permukaan tubuh manusia, sehingga terlihat dari luar tubuh manusia. Contoh organ luar manusia adalah kulit, mata, mulut, kaki, tangan, hidung, rambut, kuku, telinga, dan alat kelamin.

Kulit

Kulit adalah organ luar yang hampir melapisi semua permukaan tubuh manusia, membuat kulit menjadi organ terbesar dalam tubuh.

Kulit memiliki struktur yang kompleks juga fungsi yang penting bagi tubuh karena merupakan organ manusia yang langsung bersentuhan dengan lingkungan luar.

Baca juga: Pengertian Organ dan Sistem Organ

Dilansir dari Health and Safety Executive, fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah:

  • Melindungi tubuh dari cedera mekanis dan termal.
  • Menjaga kelembapan tubuh.
  • Mengurangi efek berbahaya radiasi ultraviolet.
  • Merupakan organ sensorik tubuh.
  • Bantalan yang melindungi tulang dan otot.
  • Membantu mengatur keseimbangan suhu tubuh.
  • Membantu kerja pembuluh darah dan sistem saraf.
  • Organ kekebalan untuk mendeteksi infeksi, alergi, dan lain sebagainya.
  • Membantu produksi vitamin D bagi tubuh.

Mata

Mata adalah organ sensorik manusia yang merupakan organ luar tubuh. Mata dilengkapi olah organ luar pendukung berupa kelopak mata, bulu mata, dan juga alis. Mata berfungsi mengubah cahaya menjadi impuls listrik yang membuat manusia bisa melihat segala sesuatu di sekitarnya.

Mulut

Mulut adalah organ luar manusia yang terdiri dari bibir, gigi, gusi, rongga mulut mulut, langit-langit mulut, kelenjar ludah, dan lidah.

Mulut memiliki dua fungsi utama yaitu untuk pencernaan makanan dan juga berkomunikasi). Namun, mulut juga berfungsi sebagai indra pengecap yang membuat manusia bisa merasakan rasa manis, asin, asam, dan pahit.

Baca juga: Fungsi Umum Sistem Pencernaan Manusia

Kaki

Kaki adalah organ luar tubuh yang terdiri dari 28 tulang dan 30 sendi. Kaki berfungsi sebagai alat gerak yang memungkinkan manusia untuk berdiri dan melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari, berjalan, berolahraga, dan juga melakukan berbagai pekerjaan.

Tangan

Sama halnya dengan kaki, tangan adalah organ luar tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak. Tangan memungkinkan manusia melakukan berbagai aktivitas fisik seperti menuls, mengetik, menjahit, berolahraga, dan berbagai aktivitas lainnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.