Kompas.com - 06/01/2022, 10:16 WIB


KOMPAS.com – Salah satu sifat vektor adalah dapat diuraikan menjadi komponen penyusunnya. Namun, apakah sebenarnya komponen vektor itu? Berikut adalah pengertian komponen vektor dan cara mencarinya!

Pengertian komponen vektor

Dilansir dari NASA Glenn Research Center, komponen vektor adalah satu besaran vektor yang dipecah menjadi dua atau lebih besaran skalar yang dengannya kita memiliki lebih banyak pengalaman matematis.

Artinya, komponen vektor adalah proyeksi suatu besaran vektor yang memungkinkan operasi aljabar seperti penambahan, pengurangan, dan juga perkalian.

Komponen vektor dua dimensi diterjemahkan ke dalam sistem koordinat kartesius. Seperti yang kita ketahui, sistem koordinat kartesius terdiri dari sumbu x dan juga sumbu y. Maka, komponen vektor dalam koordinat kartesius juga memiliki komponen pada sumbu x dan pada sumbu y.

Baca juga: Vektor: Pengertian, Notasi, Jenis, dan Sifat-sifatnya

Cara mencari komponen vektor dan rumusnya

Misalkan vektor A menghadap ke timur laut, 45° dari sumbu horizontal atau sumbu x. Maka, kita dapat menggambarkan vektor A ke dalam sistem koordinat kartesius sebagai berikut:

Vektor AKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Vektor A

Jika vektor A tetap ke arah tersebut, akan sulit untuk melakukan operasi aljabar. Sehingga, vektor A harus diuraikan menjadi dua buah komponen yaitu komponen pada sumbu x dan juga komponen pada sumbu y.

Untuk mendapat komponen vektor, kita harus menguraikan vektor. Dilansir dari Physics LibreTexts, kita cukup menarik ujung vektor ke sumbu horizontal (x) dan juga ke sumbu vertikal (y). Sehingga, didapatkan komponen vektor sebagai berikut:

Vektor A dan komponennyaKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Vektor A dan komponennya

Baca juga: Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-Siku

Komponen vektor digambarkan dengan garis panas berwarna merah. Komponen vektor di sumbu y dilambangkan dengan Ay, sedangkan komponen vektor di sumbu x dilambangkan dengan Ax.

 

Misalkan vektor A adalah gaya sebesar 20 newton. Kita dapat menemukan nilai dari kedua komponennya melalui rumus perbandingan trigonometri. Untuk itu, kita harus mengingat kembali penggunaan sin, cos, dan tangen, untuk mencari sisi segitiga.

Vektor A, merupakan sisi miring dan Ax merupakan sisi samping. Sehingga, kita bisa menggunakan cos (samping/miring) untuk mencari nilai Ax.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.