Kompas.com - 04/12/2021, 14:37 WIB
Ilustrasi komunikasi massa Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi komunikasi massa

KOMPAS.com - Komunikasi massa dapat berfungsi sebagai media pengumpulan, penyebaran, dan penyampaian pesan kepada khalayak yang lebih luas. 

Apa itu komunikasi massa?

Atep Adya Barata dalam buku Dasar-dasar Pelayanan Prima (2003), menuliskan bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada masyarakat luas atau komunikan berjumlah banyak, tidak dikenal, dan bersifat heterogen.

Proses komunikasi massa dilakukan lewat media massa, seperti media cetak (koran dan majalah), serta media elektronik (radio dan televisi).

Fungsi komunikasi massa

Para ahli memiliki pendapat berbeda tentang fungsi komunikasi massa. Misalnya, Robert K. Merton yang membagi fungsi komunikasi massa menjadi dua, yakni fungsi nyata dan fungsi tidak nyata.

Fungsi nyata (manifest function) adalah fungsi nyata yang diinginkan. Sementara, fungsi tidak nyata (latent function) adalah fungsi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Komunikasi Massa: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Secara umum, komunikasi massa punya tujuh fungsi. Berikut penjelasannya yang mengutip dari jurnal Persuasi dalam Media Komunikasi Massa (2014) karya Fatma Laili Khoirun Nida:

Fungsi informasi

Komunikasi massa berfungsi untuk menyampaikan informasi secara cepat kepada publik. Ini merupakan fungsi utama dari komunikasi massa.

Lewat media massa, pesan atau informasi yang telah dikumpulkan dan disusun akan disebarluaskan kepada khalayak umum.

Fungsi hiburan

Hiburan juga termasuk salah satu fungsi komunikasi massa. Contohnya di televisi. Dengan menggunakan media massa, pihak komunikator bisa memberi pesan yang sifatnya menghibur kepada komunikan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.