Kompas.com - 30/11/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi perdagangan antarnegara KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi perdagangan antarnegara

KOMPAS.comPerdagangan antarnegara adalah kegiatan jual beli barang dan jasa antara dua negara yang berbeda. Bentuk perdagangan ini bisa dilakukan oleh individu, kelompok usaha, maupun pemerintah.

Contoh perdagangan antarnegara adalah kegiatan ekspor dan impor. Dua kegiatan ini rutin dilakukan oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Apa keuntungan adanya perdagangan antarnegara?

Menurut Ronny Astrada dalam buku Belajar Manajemen dari Perusahaan Peranti Lunak Nirlisensi (2006), perdagangan antarnegara akan memberi keuntungan bagi setiap negara yang terlibat di dalamnya.

Karena masing-masing negara mendapatkan barang dan jasa sesuai kebutuhan penduduk tiap negara. Selain itu, perdagangan antarnegara juga menguntungkan karena membantu meningkatkan penghasilan tiap negara.

Berikut ini beberapa keuntungan adanya perdagangan antarnegara:

Sebagai jembatan untuk membangun hubungan antarnegara

Dikutip dari Buku Pintar Dunia Ekspor (Seri 1) (2018) karya Andi Susilo dan kawan-kawan, keuntungan perdagangan antarnegara adalah sebagai jembatan untuk membangun hubungan antarnegara. Karena bentuk kerja sama ini dapat mempererat hubungan setiap negara yang terlibat dalam perdagangan.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional Bidang Ekspor dan Impor

Mendapat produk yang belum tersedia di dalam negeri

Keuntungan adanya perdagangan antarnegara ialah mendapatkan produk yang belum tersedia di dalam negeri, karena keterbatasan sumber daya, mesin atau teknologi, serta tenaga ahli.

Dengan adanya perdagangan antarnegara, hal ini bisa membantu setiap negara untuk memenuhi kebutuhannya.

Memperluas jaringan pasar dan meningkatkan keuntungan dagang

Keuntungan lain dari perdagangan antarnegara adalah memperluas jaringan pasar serta meningkatkan keuntungan dagang, bagi kelompok usaha atau perusahaan. Semakin banyak barang dan jasa yang diperdagangkan, keuntungan yang didapat akan semakin tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.