Kompas.com - 30/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi perbedaan anekdot dan humora KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi perbedaan anekdot dan humora

KOMPAS.comAnekdot dan humor memiliki persamaan, yakni karena lucu dan menghibur. Namun, ada beberapa hal yang membedakan antara anekdot dengan humor.

Keunikan cerita anekdot dengan cerita humor terdapat pada isinya yang lucu dan mampu menghibur pembacanya. Karena keunikan inilah, cerita anekdot dan humor sedikit berbeda dengan jenis teks lainnya.

Pengertian anekdot dan humor

Pengertian cerita anekdot dan humor adalah: 

Pengertian anekdot

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu serta mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Taufiqur Rahman dalam bukunya yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), menuliskan bahwa teks anekdot sering dibuat untuk melakukan kritik terhadap orang atau tokoh yang dimaksudkan dalam cerita tersebut.

Baca juga: Perbedaan Teks Anekdot dan Teks Eksposisi

Pengertian humor

Menurut KBBI, humor adalah sesuatu yang lucu, keadaan (dalam cerita dan sebagainya) yang menggelikan hati, kejenakaan, dan kelucuan.

Dikutip dari jurnal Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot Melalui Penggunaan Strategi Genius Learning bagi Siswa kelas X IPA-1 Semester 1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2017/2018 (2017) karya Sulistyanti, teks humor merupakan teks yang memuat humor untuk bersenda gurau atau bercanda.

Perbedaan anekdot dan humor

Perbedaan utama cerita anekdot dan humor terletak pada isinya. Cerita anekdot tidak hanya mengibur, tetapi juga mengkritik. Sedangkan humor hanya menghibur para pembacanya, tanpa pesan atau tujuan tertentu.

Dalam buku Cermat Berbahasa Indonesia (2019) karya Sutarno, dituliskan bahwa anekdot lebih menekankan penyampaian kritik sosial dalam cerita lucunya. Sementara humor hanya bertujuan menghibur.

Selain isi, berikut beberapa perbedaan lain antara cerita anekdot dan humor:

Pembeda Anekdot Humor
Tujuan Anekdot bertujuan menyindir. Humor bertujuan menghibur.
Struktur Anekdot punya struktur yang jelas, yakni abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Humor hanya punya struktur orientasi.
Subjek Subjek dalam teks anekdot adalah orang penting atau orang terkenal. Subjek dalam humor berasal dari berbagai kalangan masyarakat.
Ide cerita  Ide cerita teks anekdot berasal dari peristiwa nyata. Ide cerita humor mayoritas berasal dari cerita rekaan.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot tentang Pendidikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.