Kompas.com - 30/11/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi menciptakan kedamaian dunia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi menciptakan kedamaian dunia

KOMPAS.com – Perang menciptakan ketakutan, kelaparan, kerusakan lingkungan, jatuhnya korban jiwa, dan penderitaan lainnya. Sehingga, kita harus memelihara kedamaian dunia. Apa yang dapat kita lakukan untuk dapat menciptakan dunia yang damai?

Sikap dan perilaku menciptakan kedaiamain dunia

Beberapa sikap dan perilaku yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kedaiaman dunia adalah:

Menegakkan hak asasi manusia

Kita dapat membantu menjamin HAM untuk menciptakan dunia yang damai. Menyadur dari United Nations Human Rights , HAM adalah hak yang kita miliki sebagai manusia terlepas dari kebangsaan, jenis kelamin, etnis, warna kulit, agama, bahasa, dan status sosial.

Semua manusia adalah sama, manusia berhak atas makanan, kesehatan, kebebasan, pendidikan, pekerjaan, dan perlindungan.

Toleransi dan tenggang rasa

Manusia terlahir berbeda-beda, setiap individu memiliki keunikannya sendiri. Untuk menciptakan kebahagiaan dunia, kita harus mengembangkan sikap dan tindakan yang layak ditoleransi dan juga tenggang rasa.

Baca juga: Bagaimana Sikap Kita jika Keputusan Musyawarah Tidak Sesuai Kehendak?

Tanggung jawab

Tanggung jawab juga merupakan sikap dan tindakan yang diperlukan untuk menciptakan pemulihan dunia. Adanya rasa bertanggung jawab dapat mengurangi rasa kecewa dari pihak lain akibat kesalahan kita.

Misalnya, ketika kita bertanggung jawab dan jujur akan kesalahan kita, besar kemungkinan kita akan dimaafkan. Namun, ketika kita tidak bertanggung jawab dan terus mengelak dari kesalahan, masalah akan menjadi semakin besar dan rumit.

Melakukan diplomasi dan mediasi

Untuk mencapai perdamaian, kita harus terbiasa melakukan diplomasi dan juga mediasi. Di mana suatu masalah memecahkan bersama-sama dalam suatu musyawarah hingga mencapai satu solusi yang menguntungkan bagi setiap pihak.

Mengutip dari United Nations , diplomasi dan mediasi adalah cara peling efektif untuk mengurangi penderitaan manusia dan kerugian akibat konflik dan mencegah terjadinya konflik sejak awal.

Baca juga: Sikap dan Perilaku Menghadapi Perubahan Sosial Budaya

Mengamalkan nilai-nilai Pancasila

Untuk menciptakan kedamaian, kita harus mengamalkan nilia-nilai Pancasila. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang memberikan dasar bagaimana kita harus bertindak dan berperilaku. Kelima sila yang terkandung dalam Pancasila mengandung nilai-nilai yang bisa menjaga perdamaian.

Misalnya, sila kedua yang berbunyi Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Menurut M. Syamsudin dalam buku Pendidikan Pancasila: Menempatkan Pancasila: Keislaman dan Keindonesiaan (2009), ini mengandung makna kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar mutlak dalam konteks hati nurani.

Berperilaku baik

Untuk dapat menciptakan keseimbangan, kita juga harus berperilaku baik kepada semua orang.

Misalnya menerapkan santunan, meminta maaf ketika salah, membantu orang yang membutuhkan bantuan, tidak berkata dan berperilaku kasar, memelihara suasana damai, tidak menilai dan mengolok-olok orang lain, tidak curang, tidak bersifat egois, juga selalu baik dan berhati-hati.

Baca juga: Contoh Perilaku yang Sesuai Nilai Sila Kedua Pancasila di Sekolah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.