Kompas.com - 29/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasu perubahan dan keberlanjutan bernegara KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasu perubahan dan keberlanjutan bernegara

KOMPAS.comKonsep perubahan dan keberlanjutan bernegara diperlukan agar sebuah negara bisa berkembang. Perubahan ini diharapkan bisa memberi dampak positif bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), perubahan adalah ketidaksamaan suatu keadaan atau kondisi dari waktu ke waktu. Perubahan bisa mengarah ke hal lebih baik, namun ada pula yang ke arah lebih buruk.

Perubahan ke arah lebih baik akan memberi dampak positif bagi kehidupan bernegara. Sedangkan, perubahan ke arah lebih buruk akan memberi dampak negatif.

Contoh konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara

Berikut penjelasan mengenai konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara, yaitu:

Pembangunan

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara merupakan pembangunan. Karena pembangunan dilakukan secara berkesinambungan atau berkelanjutan, dan menghasilkan sejumlah perubahan positif dalam kehidupan bernegara.

Baca juga: Peraturan Pelaksanaan Kekuasaan, Tugas, dan Wewenang Lembaga Negara

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Ekonomi Pembangunan (2021), pembangunan adalah proses perubahan secara terus menerus untuk menghasilkan perbaikan di segala bidang kehidupan masyarakat.

Misalnya, pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mewujudkan pembangunan nasional.

Contohnya pembangunan infrastruktur, berupa jembatan dan jalan, serta fasilitas umum untuk masyarakat Indonesia.

Reformasi

Selain pembangunan, reformasi juga masuk dalam contoh konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara.

Karena reformasi merupakan perubahan yang memperlihatkan proses keberlanjutan dalam kehidupan bernegara. Artinya reformasi menghasilkan perubahan keadaan atau kondisi kehidupan yang berlangsung lama.

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Mengutip dari buku Pendidikan Pancasila: Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa (2006) karya Pandji Setijo, reformasi adalah perubahan atau perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik.

Reformasi dilaksanakan dengan melakukan sejumlah perbaikan di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, politik, maupun pertahanan dan keamanan. Harapannya reformasi bisa membawa perbaikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.