Kompas.com - 29/11/2021, 11:00 WIB
Potret diri Vincent van Gogh, 1887 wikipedia.org/mwF3N6F_RfJ4_w at Google Cultural InstitutePotret diri Vincent van Gogh, 1887

KOMPAS.com – Seni memiliki tema yang bebas dan tidak dibatasi. Suatu karya seni rupa dapat menampung imajinasi apasaja yang diluapkan senimannya, termasuk hubungannya dengan diri sendiri. Contoh karya seni rupa yang bertema hubungan manusia dengan dirinya adalah sebagai berikut:

Vincent van Gogh

Vincent van Gogh merupakan seorang seniman yang menghasilkan lukisan bertema hubungan manusia dengan dirinya sendiri melalui potret diri. Ia kerap melukis dirinya sendiri sebagai bentuk komunikasi dan ekspresi dirinya sendiri.

Salah satu lukisan dirinya yang paling terkenal berjudul potret Vincent van Gogh. Dilansir dari Van Gogh Museum, van Gogh menggambarkan dirinya ketika berusia 19 tahun dengan rambut merah, mata hijau, tulang wajah yang tegas, dan ekspresi yang sedikit kasar.

Pada lukisan tersebut juga van Gogh menggambarkan hubungan dengan dirinya sendiri yang rumit. Di mana ia merasa kesulitan untuk memahami dirinya sendiri dan juga dalam melukis dirinya sendiri.

Van Gogh juga melukis dirinya sendiri setelah ia kehilangan telinganya karena gangguan mental yang dialaminya. Padahal, ia tidak mau membicarakan kejadian tersebut kepada orang lain. Melalui lukisannya, van Gogh mengekspresikan kesehatan mentalnya yang meburuk.

Baca juga: Lukisan Cat Minyak: Pengertian, Teknik, dan Cara Melukisnya

Self-potrait Facing Death

Contoh karya seni rupa selanjutnya yang bertema hubungan manusia dengan dirinya sendiri adalah lukisan berjudul self-potrait Facing Death karya Pablo Picasso.

Mengutip dari ARTnews, lukisan ini menyampaikan tentang ketakutan, kecemasan, dan sedikit penerimaan atas kematian Picasso yang akan datang.

Diketahui, lukisan tersebut dibuat selama berbulan-bulan dan menjadi lukisan terakhir sebelum Picasso meninggal dunia.

Tangkapan layar lukisan Potret Diri dan Topeng-Topeng Kehidupan karya Affandi KoesoemaYoutube/Ahmad Nazhif Kamil Tangkapan layar lukisan Potret Diri dan Topeng-Topeng Kehidupan karya Affandi Koesoema
Lukisan Potret Diri dan Topeng-topeng Kehidupan

Potret Diri dan Topeng-topeng Kehidupan adalah lukisan yang bertemakan hubungan manusia dengan dirinya sendiri.

Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan dilukis oleh seorang pelukis asal Indonesia bernama Affandi Koesoema pada tahun 1961.

Baca juga: Seni Lukis: Pengertian, Teknik dan Alat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.