Kompas.com - 29/11/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi hubungan interaksi antara warga KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi hubungan interaksi antara warga

KOMPAS.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan sehari. Berikut adalah bagan interaksi antar warga dalam suatu lingkungan:

Kompas.com/Silmi Bagan interaksi masyarakat

 

 

Bagan di atas menggambarkan hubungan yang mencerminkan interaksi antara warga masyarakat dalam suatu kegiatan ekonomi.

Menurut Sri Wahyuningsih dalam jurnal berjudul Sikap Interaksi dan Individu dalam Kehidupan Sehari-hari (2007), interaksi adalah proses di mana orang-orang berkomunikasi saling pengaruh dan memengaruhi dalam pikiran dan tindakan.

Baca juga: Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam di Sekolah

Interaksi antara warga masyarakat 

Dari bagan di atas terlihat bahwa kegiatan dimulai dari petani pisang di desa. Petani di desa merupakan produsen yang menghasilkan buah pisang sebagai produknya. Setelah pisang dipanen, petani pisang di desa menggunakan jasa transportasi untuk mengirim pisang.

Menurut Ofyar Z. Tamin dalam Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi (2008), transportasi diperlukan karena sumber kebutuhan manusia tidak terdapat di sembarang tempat, sehingga harus dilakukan kegiatan pengangkutan.

Pisang dikirim dari petani di desa untuk dijual di tempat lain dengan menggunakan jasa transportasi berupa pengusaha penyewaan truk pengangkut hasil pertanian. Pisan dari petani kemudian diangkut ke kota-kota dan dijual di pasar buah tradisional.

Penjual pisang goreng di kota kemudian membeli pisang di pasar tradisional. Untuk menjual pisang goring, dibutuhkan bahan baku dan juga kemasan. Bahan baku pisang goreng lainnya seperti terigu dan minyak didapat dari toko kelontong yang menjual bahan makanan pokok sehari-hari.

Baca juga: Alasan Adaptasi dan Interaksi Masyarakat Berhubungan dengan Kenampakan Alam

Adapun kemasan pisang goreng didapat dari penjual kotak kemasan makanan. Setelah pisang, bahan baku lain, dan juga kemasan lengkap. Barulah penjual pisang goreng dapat menjual barang dagangannya dan dibeli oleh pembeli pisang goreng.

Kesimpulan hubungan interaksi antara para warga masyarakat tersebut adalah manusia bergantung kepada manusia lainnya dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

Sehingga sesama warga masyarakat harus membina hubungan saling menghargai dan interaksi yang baik agar kegiatan ekonomi bisa berlangsung dengan lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.