Kompas.com - 24/11/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi makan freepik.com/nakaridoreIlustrasi makan

Oleh: Ari Prastiwi, Guru SMPN 2 Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Pencernaan makanan pada manusia terjadi di dalam saluran pencernaan. 

Terdapat dua macam pencernaan makanan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.

Pencernaan mekanik adalah pencernaan dimana makanan diubah bentuk dari besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih halus atau kecil. Pencernaan mekanik terjadi di mulut dan lambung.

Sedangkan pencernaan kimiawi adalah pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim pencernaan dan terjadi dilambung dan usus 12 jari.

Sistem saluran pencernaan makanan pada manusia

Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas kelenjar pencernaan dan saluran pencernaan. Kelenjar pencernaan meliputi ludah, pankreas, hati dan empedu, sedangkan saluran pencernaan atau organ pencernaan pada manusia yang terdiri atas: 

Mulut

Di dalam mulut terdapat gigi, lidah dan kelenjar air liur (saliva). Di mulut terjadi dua macam pencernaan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.

Pencernaan mekanik oleh gigi, sedangkan pencernaan kimiawi yang dilakukan oleh oleh air liur yang mengandung enzim ptialin atau enzim amilase yang berfungsi memecah molekul amilum menjadi molekul maltosa.

Baca juga: Jenis-Jenis Enzim Pencernaan

Kerongkongan (esofagus)

Makanan yang sudah dihaluskan di dalam mulut akan masuk melalui faring yaitu saluran memanjang dari belakang mulut sampai ke permukaan kerongkongan.

Pada pangkal faring terdapat epiglotis yaitu katup pernafasan yang berfungsi untuk menutup saluran pernafasan (laring) ketika menelan agar makanan tidak masuk ke saluran pernafasan.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.