Kompas.com - 22/11/2021, 11:00 WIB
Ilustrais kegiatan ekspor dan impor freepik.com/tawatchai07Ilustrais kegiatan ekspor dan impor

KOMPAS.com – Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri. Keduanya merupakan kegiatan pokok perekonomian suatu negara. Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor?

Manfaat kegiatan ekspor

Berikut beberapa manfaat dari kegiatan ekspor, yakni:

Memperluas pasar produk dalam negeri

Kegiatan ekspor dapat memperluas pasar produk dalam negeri. Jika awalnya produk dalam negeri hanya dijual di negeri sendiri. Dengan adanya ekspor, produk tersebut dapat dijual ke berbagai negara dan belahan dunia.

Menambah devisa negara

Menurut Tulus T. H. Tambunan dalam buku Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris (2001), cadangan devisa suatu negara dipengaruhi net ekspor yang dicatat pada neraca transaski berjalan dan neraca modal.

Artinya, semakin banyak ekspor yang dilakuak oleh suatu negara maka akan semakin bertambah devisa negara tersebut.

Baca juga: Contoh Komoditas Ekspor dari Bali

Meningkatkan produktivitas industri dalam negeri

Menurut Sadono Sukirno dalam buku Mikro Ekonomi, Teori Pengantar (2010), ekspor memperluas pasar industri dan mengoptimalkan penggunaan faktor-faktor produksinya, sehingga mengurangi biaya produksi.

Misalnya ketika produksi hanya dilakukan untuk dalam negeri. Alat produksi hanya memproduksi sedikit barang dari kapasitas aslinya karena takut produk tidak terjual jika terlalu banyak. Walaupun produksi sedikit, biaya operasional masih tetaplah sama dengan produksi kapasitas maksimal.

Adanya ekspor memberikan pasar yang luas dan permintaan yang lebih tinggi. Sehingga, produksi dapat dilakukan dengan kapasitas maksimal dan biaya operasional yang sama. Artinya, ekspor meningkatkan produktivitas industri dan manufaktur dalam negeri.

Memperluas lapangan kerja

Untuk meningkatkan produktivitas dalam memenuhi permintaan pasar yang semakin luas, faktor produksi harus dinaikkan. Salah satu faktor produksi adalah tenaga kerja. Semakin luas pasar yang dibuka oleh ekspor, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan.

Luasnya lapangan pekerjaan akan mengurangi pengagguran, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, dan secara keseluruhan mendorong kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia Bidang Peternakan dan Perikanan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.