Kompas.com - 20/11/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi gurita Unsplash/Serena Repice LentiniIlustrasi gurita

KOMPAS.comGurita akan mengeluarkan tinta saat merasa terancam. Namun, hal tersebut bukan menjadi satu-satunya kemampuan yang dimiliki gurita. Karena hewan laut ini ternyata juga mampu mengubah warna kulitnya.

Kemampuan gurita mengubah warna kulitnya, membuat warna hewan ini mirip dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga mereka tidak mudah terlihat di antara jenis hewan laut lainnya.

Gurita bisa berubah warna karena kromatofora

Dilansir dari situs Smithsonian Ocean, gurita bisa berubah warna karena memiliki ribuan sel pengubah warna atau kromatofora yang terletak di bawah permukaan kulitnya.

Kromatofora menjadi penyebab utama mengapa gurita, serta beberapa hewan kelompok Cephalopoda lainnya, seperti cumi-cumi dan sotong, bisa berubah warna.

Mengutip dari situs Ocean Conservancy, tiap kromatofor punya kantung elastis yang disebut sakulus sitoelastik. Kantung elastis ini penuh dengan pigmen, dan bentuknya mirip seperti balon kecil.

Baca juga: Devils Hole Pupfish, Ikan Kecil Penghuni Death Valley

Warnanya sangat beragam, ada yang hitam, coklat, oranye, merah, atau kuning. Kantung elastis tersebut bisa melebar atau mengecil, berdasarkan kontrol susunan saraf serta otot tubuh hewan.

Saat otot di sekitar sel kromatofor mengencang, kantung pigmen tersebut akan melebar. Artinya akan ada lebih banyak pigmen warna pada kulit gurita.

Sebaliknya, ketika otot di sekitar sel rileks, kantung pigmen akan mengecil, dan semakin sedikit pigmen yang terlihat.

Alasan gurita berubah warna

Gurita dan hewan kelompok Cephalopoda lainnya berubah warna untuk bersembunyi dari pemangsa. Dalam hal ini, gurita sangat pandai.

Gurita tidak hanya bisa mengubah warna kulit, namun juga bisa menyesuaikan tekstur kulitnya dengan lingkungan sekitar, seperti batu dan karang.

Hal ini bisa terjadi karena gurita punya papila yang berguna untuk menciptakan tekstur kulit yang beragam.

Selain mampu mengeluarkan tinta, mengubah warna dan tekstur kulitnya, gurita juga pandai dan mampu melarikan diri dengan cepat dari pemangsanya.

Baca juga: Sheepshead, Ikan Bergigi Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.