Kompas.com - 19/11/2021, 16:00 WIB
Obyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali. KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FObyek Wisata Tirta Gangga di Karangasem, Bali.

KOMPAS.com - Bali sangat terkenal dengan sektor pariwisatanya. Banyak wisatawan, baik internasional maupun lokal, datang ke Bali untuk berwisata.

Astri Rumondang Banjamahor dan kawan-kawandalam buku Strategi Bisnis Pariwisata (2021), mengartikan pariwisata sebagai perjalanan atau kunjungan yang dilakukan secara penuh dan berpindah-pindah, untuk mencari kesenangan serta menikmati keindahan.

Menurut Andi Elma Liana Putri, dkk dalam jurnal Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pariwisata dalam Meningkatkan Perekonomian Kabupaten Kolaka (2020), bagi penduduk sekitar tempat wisata, sektor pariwisata telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan memberi kemakmuran.

Baca juga: Pengertian Komoditas dan Jenisnya

Termasuk dalam komoditas apakah sektor pariwisata di Bali?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komoditas adalah barang dagangan utama atau benda niaga (benda yang bisa diperdagangkan untuk memperoleh keuntungan).

Sektor pariwisata di Bali punya dua jenis komoditas yang bisa diperdagangkan untuk mencari keuntungan, yakni:

Kawasan pantai dan pura (tempat ibadah umat Hindu)

Bali sangat dikenal dengan keindahan pantai, salah satunya Pantai Kuta. Selain itu, pura di Bali banyak yang menjadi lokasi wisata favorit, karena pemandangan dan tempatnya yang indah.

Kawasan pantai dan pura bisa disebut sebagai komoditas sektor pariwisata di Bali, karena menjual pemandangan dan tempat yang unik kepada wisatawan. Saat mengunjungi tempat tersebut, wisatawan akan dikenakan biaya atau tiket masuk.

Dengan demikian, masyarakat sekitar tempat wisata tersebut mendapat penghasilan dan keuntungan dari komoditas sektor pariwisata tersebut.

Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia Bidang Peternakan dan Perikanan

Barang dagangan, seperti oleh-oleh

Komoditas sektor pariwisata lainnya adalah barang dagangan, seperti oleh-oleh, lukisan, baju, patung, kerajinan dan masih banyak lagi. Ketika menjual barang tersebut, para pedagang akan mendapatkan penghasilan dan keuntungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.