Kompas.com - 15/11/2021, 10:54 WIB
Ilustrasi dampak sikap tidak bijaksana KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi dampak sikap tidak bijaksana

KOMPAS.com – Masalah adalah sesuatu yang tidak diinginkan, namun selalu ada dalam kehidupan manusia.

Dalam menyikapi sebuah masalah, memerlukan kebijaksanaan untuk menyelesaikannya. Apakah yang terjadi jika kita tidak bijaksana dalam menyelesaikan masalah?

Dampak tidak bijaksana

Berikut adalah kemungkinan hal-hal yang dapat terjadi jika kita tidak bijak dalam menyelesaikan masalah:

Terjadinya kekerasan

Suatu masalah kerap kali menimbulkan emosi, seperti rasa kecewa, marah, dan juga frustasi. Merasakan emosi adalah hal yang wajar pada manusia, namun tanpa adanya kebijaksanaan emosi tersebut dapat menyebabkan banyak pengaruh buruk.

Menurut Roy F. Baumeister dan Brad J. Bushman dalam jurnal Emotions and Anggressive Behavior (2007) menyebutkan bahwa emosi merupakan penyebab psikologis penting dalam melakukan agresi dan tindak kekerasan.

Sehingga sikap tidak bijaksana dalam menyelesaikan masalah bisa menimbulkan tindakan agresi dan kekerasan yang dapat merugikan diri sendiri, maupun orang lain.

Baca juga: Contoh Sikap Bijaksana terhadap Tumbuhan

Tidak mendapatkan solusi permasalahan yang baik

Menurut Ursula M. Staudinger dalam jurnal A Psychology of Wisdom: History and recent Developments (2008) kebijaksanaan adalah pencarian jalan keluar yang moderat di antara yang ekstrim, dinamis antara pengetahuan dan keraguan, dan keseimbangan koordinasi yang baik antara emosi, motivasi, dan pikiran.

Artinya, kebijaksanaan dapat membantu seseorang mencari jalan ke luar terbaik bagi suatu permasalahan. Di mana jalan ke luar tersebut merupakan jalan keluar yang paling menguntungkan bagi ke dua belah pihak dan melahirkan kepuasan bersama.

Memunculkan pertikaian dan permusuhan

Jika kita tidak bijak dalam menyelesaikan masalah, maka kita tidak akan mendapat solusi terbaik. Solusi yang tidak baik, biasanya memunculkan pertikaian dan permusuhan.

Misalnya ketika seseorang tidak sengaja menabrak dan membuat barang kita terjatuh saat sedang berjalan. Kita bisa secara bijaksana menegur orang tersebut dengan kata-kata yang santun. Orang tersebut mungkin akan merasa bersalah dan meminta maaf.

Namun jika tidak bijak dan mengutamakan emosi, kita akan membentak orang tersebut. Orang tersebut mungkin akan ikut marah sehingga munculah pertikaian dan permusuhan.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Permasalahan menjadi semakin panjang dan rumit

Tidak adanya solusi baik karena ketidakbijaksanaan akan membuat suatu permasalahan sukar untuk diselesaikan. Tidak bijak dalam menyelesaikan masalah dapat membuat permasalahan semakin panjang dan rumit untuk diselesaikan.

Hal tersebut akan berdampak buruk baik bagi diri sendiri dan juga orang lain. Masalah yang tidak kunjung selesai, kemungkinan besar dapat menyebabkan rasa stress, frustasi, dan penyesalan karena sudah bertindak dengan tidak bijak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.