Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kecoa Terbang ke Arah Kita?

Kompas.com - 30/10/2021, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kecoa adalah salah satu serangga yang banyak ditakuti oleh manusia. Ketika bertemu kecoa, seringkali kecoa terbang ke arah kita. Kenapa kecoa terbang ke arah kita dan mengejar?

Penerbang yang buruk

Kecoa tidak tertarik pada manusia, sehingga mereka tidak dengan sengaja terbang ke arah kita. Dilansir dari Cockroach Facst, kecoa terbang ke arah manusia secara tidak sengaja atau meluncur secara tidak terkendali ke arah yang salah dengan tergesa-gesa untuk menghindar.

Kecoa berusaha untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh manusia, namun berakhir terbang ke arah manusia. Hal tersebut dikearenakan kecoa merupakan penerbang yang buruk. Mereka memang bergerak dengan sangat cepat, namun tidak terlalu pintar dalam terbang.

Dilansir dari Live Science, otot-otot yang digunakan kecoa untuk terbang tidak begitu prima. Daripada terbang, kecoa sebenarnya lebih seperti meluncur dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Sehingga mereka hanya terbang dalam jangkauan pendek dan kurang terkontrol. Kecuali, beberapa jenis kecoa yang memiliki kemampuan terbang jarak jauh.

Baca juga: Apa Benar Hewan Kaki Seribu Punya Seribu Kaki?

Tertarik oleh cahaya

Kecoa juga seringkali terbang ke arah kita, tepatnya ke arah wajah dan kepala. Namun, mereka melakukan itu bukan karena sengaja ingin mendekati manusia. Kecoa terbang ke wajah kita karena tertarik oleh cahaya.

Dilansir dari How Stuff Works, seorang ahli Entomology di North Carolina State University bernama Coby Schal menyebutkan bahwa cahaya di atas atau di belakang kita menciptakan lingkatan cahaya (seperti gerhana) di wajah dan kepala kita, itulah yang membuat serangga tertarik.

Kondisi itulah yang membuat kecoa tertarik dan terbang ke arah wajah ataupun kepala kita. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecoa tidak sengaja terbang ke arah kita karena tertarik dengan manusia. Namun, karena kemampuan terbangnya yang buruk ataupun tertarik terhadap cahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com