Kompas.com - 26/10/2021, 07:00 WIB
Mikroskop sederhana dengan smartphone Youtube/ Aldeva ilhamiMikroskop sederhana dengan smartphone

Oleh: Susilawati, Dosen UIN Suska Riau

 

KOMPAS.com - Dalam hierarki organisasi biologis, sel merupakan kumpulan materi sederhana yang dapat hidup.

Sel sangat mendasar bagi ilmu biologi, sebagaimana atom bagi ilmu kimia. Seluruh organisme yang ada di dunia terdiri dari sel. 

Proses fisiologis makhluk hidup terjadi sampai tingkat sel. Sel dapat dipisahkan sebagai unit dasar dari struktur dan fungsi organisme. Sehingga sel diartikan sebagai satuan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. 

Sel memiliki ukuran sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Untuk mengamati sebuah sel memerukan alat bantu, seperti mikroskop. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mikroskop sederhana dengan smartphone

Karena tidak semua orang memiliki mikroskop, kamu dapat membuat mikroskop sederhana. Mikroskop sederhana adalah alat optik yang digunakan untuk melihat obyek yang berukuran mikroskopis yang terbuat dari benda di sekitar kita, sallah satunya menggunakan smartphone.

Baca juga: Jenis Organel Sel Beserta Fungsinya

Mikroskop sederhana ini memanfaatkan smartphone dan beberapa alat sederhana lainnya, seperti:

  1. Lensa lampu laser, yang berperan sebagai lensa okuler
  2. Senter, yang berperan sebagai lensa obyketif
  3. Plastik bening tebal (plastik concarde), yang berperan sebagai kaca obyek
  4. Kotak dan plastisin

Untuk pengamatan sel yang dilakukan, dapat menggunakan bawang merah, atau daun Rhoe Discolor.   

Cara membuat mikroskop smartphone

Cara membuat mikroskop sederhana dengan smartphone, sebagai berikut: 

  1. Ambil lensa yang ada pada lampu laser, lalu dengan menggunakan plastisin tempelkan pada bagian kamera belakang smartphone;
  2. Ambil bagian tipis dari lapisan bawang merah (Alium cepa), dapat menggunakan silet maupun dengan tangan, letakkan pada plastik concarde;
  3. Ambil kotak segiempat yang telah dilubangi bagian atasnya seperti celengan, dan bagian depan yang terbuka;
  4. Untuk melakukan pengamatan, letakkan obyek pengamatan pada bagian atas kotak, tepat pada bagian yang telah dilubangi, nyalakan lampu senter dan letakkan pada bagian bawah obyek 
  5. Amati obyek pengamatan dengan menggunakan kamera smartphone yang telah ditempeli lensa dari atas objek pengamatan;
  6. Amati bentuk sel dari obyek pengamatan yang telah dibuat.

Baca juga: 10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Secara lengkap, langkah melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop sederhana ini dapat dilihat pada channel youtube berikut:

Sejarah pengamatan sel

Sel pertama kali diobservasi dan diidentifikasi oleh fisikawan Inggris bernama Robert Hook pada tahun 1665, ketika ia mengamati suatu irisan gabus (kulit batang pohon ek) dengan mikroskop yang memiliki perbesaran 30 kali.

Namun, teori sel sebagai unit kehidupan, baru dirumuskan hampir dua abad setelah itu oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann.

Matthias dan Theodor mengamati sel hewan dan sel tumbuhan dan menggungkapkan bahwa setiap makhluk hidup tersusun atas sel.

Berdasarkan jumlah sel, makhluk hidup dapat dibedakan menjadi organisme bersel tunggal seperti bakteri, amoeba, dan organisme yang multiseluler. 

Baca juga: Soal UAS Biologi: Siklus Sel

Sebagai unit terkecil, sel memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi tertentu. Bagian-bagian sel yakni:

  • Membran sel merupakan lapisan terluar yang membungkus dan menjaga komponen sel di dalamnya, yang tersusun atas lipid, protein dan karbohidrat.
  • Sitoplasma merupakan bagian sel yang terbungkus membran plasma. Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. Di dalam sitoplasme terdapat organel penting yang menjalankan fungsi kehidupan, seperti ribosom, mitokondria, retikulum endoplasma, apparatus golgi, dan lainnya.
  • Nukleus merupakan bagian sel yang berperan dalam pewarisan sifat karena pada bagian ini tersimpan materi genetik yaitu DNA/RNA. Nucleus merupakan bagian yang paling mencolok pada sel eukariotik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.