Kompas.com - 25/10/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi pentingnya ilmu manajemen KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pentingnya ilmu manajemen

KOMPAS.com - Manajemen adalah ilmu tentang perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan kegiatan demi tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan.

Seluruh organisasi atau perusahaan membutuhkan ilmu manajemen. Karena tanpanya, organisasi atau perusahaan akan kesulitan dalam meraih tujuan bersama.

Menurut Hari Sucahyowati dalam buku Pengantar Manajemen (2017), ilmu manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan antar berbagai tujuan, serta guna mencapai efisiensi dan efektivitas.

Atas dasar tiga hal tersebut, ilmu manajemen sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan dalam organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Definisi Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Alasan pentingnya ilmu manajemen

Kenapa manajemen itu penting?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilmu manajemen penting karena dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan dengan cara yang telah ditetapkan. Manajemen membantu manusia mengatur dan menyusun strategi yang tepat.

Mengutip dari buku Pengantar Manajemen (2018) karya M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika, ilmu manajemen mempermudah pekerjaan manusia lewat ilmu dan pengetahuan yang dipelajari.

Bisa dikatakan, ilmu manajemen sangat berperan besar dalam sukses atau tidaknya sebuah pekerjaan. Apabila manajemennya baik, pekerjaan akan teratur dan berhasil. Sebaliknya, jika manajemennya kurang baik, pekerjaan akan terhambat dan tidak teratur.

Manajemen adalah sebuah tahapan kegiatan yang saling berhubungan satu sama lain. Artinya manajemen meliputi tahapan kegiatan mulai dari awal hingga akhir, yakni tercapainya tujuan bersama.

Baca juga: Manajemen Strategi: Definisi Para Ahli dan Tugasnya

Jika disimpulkan, ada empat alasan utama kenapa manajemen itu penting, yaitu:

  1. Ilmu manajemen membantu organisasi atau perusahaan untuk meraih tujuan bersama.
  2. Ilmu manajemen membantu manusia untuk mengatur dan menyusun strategi yang tepat.
  3. Ilmu manajemen mempermudah pekerjaan manusia, khususnya dalam pengelolaan organisasi atau perusahaan.
  4. Ilmu manajemen menentukan kesuksesan kegiatan, mulai dari awal hingga akhir.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.