Kompas.com - 22/10/2021, 08:00 WIB
Buku Adi dan Wiyata yang berisi kumpulan cerita pendek anak karya guru dan siswa SDN 011 Balikpapan Tengah. Dok. Abdul RahmatBuku Adi dan Wiyata yang berisi kumpulan cerita pendek anak karya guru dan siswa SDN 011 Balikpapan Tengah.

Oleh: Abdul Rahmat, Guru SDN 011 Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cerita adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang; kejadian dan sebagainya (baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka).

Sedangkan fiksi dalam KBBI dapat diartikan sebagai rekaan; khayalan; tidak berdasarkan kenyataan.

Sehingga, cerita fiksi adalah sebuah karya sastra yang berisi cerita rekaan atau cerita khayalan yang tidak berdasarkan kenyataan atau berasal dari imajinasi penulis.

Membaca cerita fiksi dapat bermanfaat sebagai sarana hiburan. Lewat cerita fiksi kita juga bisa memetik pesan kebaikan yang terkandung dalam cerita.

Meski hanya khayalan atau rekaan, cerita fiksi pada umumnya menampilkan latar belakang peristiwa atau suasana yang terjadi dalam kehidupan nyata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tempat, waktu, tokoh, hingga pesan moral yang terkandung biasanya diambil dari nilai-nilai kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah cerita fiksi, terdapat unsur-unsur yang membangun sebuah cerita itu sendiri yakni tema, alur cerita, penokohan, latar cerita, dan amanat atau pesan moral.

Baca juga: Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Fiksi

Adapun jenis-jenis cerita fiksi adalah sebagai berikut:

Mitos

Mitos adalah cerita yang berasal dari masa lampau yang menceritakan suatu kejadian, biasanya berhubungan dengan keajaiban atau hal-hal di luar nalar manusia. Contohnya cerita Putri dari Bambu

Putri dari Bambu adalah cerita yang berasal dari Jepang. Ceritanya, pasangan tua yang merupakan pekerja keras, sangat mendambakan kehadiran anak. Hingga akhirnya dewa mengabulkan permintaannya dan mengirimkan seorang anak perempuan yang muncul dari bambu.

Bambu yang berubah menjadi manusia tentu tidak mungkin, sehingga cerita ini termasuk dalam mitos.

Cerita rakyat

Cerita rakyat adalah cerita yang disampaikan secara lisan dari satu generasi ke generasi berikutnya (turun temurun). Contohnya cerita Asal Mula Kota Balikpapan.

Cerita jenaka

Cerita jenaka ialah cerita yang mengisahkan tentang seseorang/tokoh dalam cerita yang tingkahnya mengundang tawa dan menghibur pembaca. Contohnya cerita Si Kabayan dan Abu Nawas.

Saga

Saga merupakan sebuah cerita yang menceritakan tentang sikap kepahlawanan orang-orang dari masa lampau yang mengisnspirasi pembaca hingga masa kini. Contohnya kisah Si Pitung dan Wiro Sableng

Baca juga: Cerita Fiksi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Fabel

Fabel adalah cerita fiksi yang tokoh-tokohnya adalah hewan, tetapi memiliki perilaku seperti manusia. Contohnya cerita Tikus dan Ular atau cerita Si Kancil.

Legenda

Legenda ialah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Contohnya ialah cerita Sangkuriang, kisah Roro Jonggrang, atau cerita Nyi Roro Kidul.

Cerita pendek

Cerita pendek atau cerpen adalah kisahan pendek, kurang dari 10.000 kata, yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh atau situasi pada suatu ketika. Contohnya cerpen yang biasa kamu temukan di Majalah Bobo, atau di surat kabar.

Novel

Novel adalah cerita yang panjang dari terangkai dari cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekitarnya dengan menampilkan watak dan sifat setiap tokohnya. Contohnya novel Laskar Pelangi.

Roman

Roman adalah karangan prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing. Contohnya adalah Kisah Tiga Kerajaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.