Kompas.com - 21/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi asal kata administrasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi asal kata administrasi

KOMPAS.com - Administrasi diartikan sebagai kerja sama antar dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam pengertian sempit, adminitrasi merupakan kegiatan penyusunan atau pencatatan secara tertulis guna memperoleh ikhtisar atau ringkasan mengenai keterangan suatu hal.

Kata administrasi berasal dari bahasa Latin

Asal kata administrasi, yakni ad dan ministrare berasal dari bahasa Latin. Menurut Lena, dkk dalam buku Kumpulan Best Practice dan Penelitian Tindakan (2021), ad berarti intensif. Sedangkan ministrare adalah melayani.

Jadi secara etimologis, asal kata administrasi adalah dari bahasa Latin. Bila diartikan dari kata ad dan ministrare, administrasi berarti melayani secara intensif.

Baca juga: Administrasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Asal usul kata administrasi dalam bahasa Indonesia

Dikutip dari buku Manajemen Peserta Didik (2021) karya Irjus Indrawan, dkk, kata ad dan ministrare membentuk kata benda ‘administrario’ serta kata sifat ‘administrativus’. Kedua kata ini kemudian masuk dalam bahasa Inggris, yakni ‘administration’.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kata ‘to administer’ di bahasa Inggris diartikan sebagai mengatur, memelihara, serta mengarahkan tata usaha. Selanjutnya, kata tersebut diterjemahkan ke bahasa Indonesia, menjadi administrasi.

Selain kata administrasi, di Indonesia juga dikenal istilah ‘administratie’ yang diambil dari bahasa Belanda. Administratie artinya bersifat terbatas.

Pengertian administrasi dalam arti sempit dan luas

Secara umum, ada dua pengertian administrasi, yakni dalam arti sempit serta luas. Namun, yang dianggap paling sesuai adalah pengertian administrasi dalam arti sempit.

Baca juga: Ruang Lingkup Administrasi dan Unsur-unsurnya

Pengertian administrasi dalam arti sempit

Dalam buku Ilmu Administrasi dan Analisis Kebijakan Publik: Konseptual dan Praktik (2021) karya Muhammad Sawir, dituliskan jika pengertian administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan pengolahan data serta informasi, yang meliputi kegiatan mencatat, surat-menyurat, dan pembukuan yang dilakukan secara tertulis.

Pengertian administrasi dalam arti luas

Dalam arti luas, administrasi bisa diartikan sebagai kerja sama, rangkaian kegiatan kelompok secara dinamis untuk mencapai tujuan bersama, serta kegiatan penyelenggaraan untuk mengendalikan suatu usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.