Kompas.com - 14/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi perbedaan rakyat, penduduk, dan warga negara freepik.com/pch.vectorIlustrasi perbedaan rakyat, penduduk, dan warga negara

KOMPAS.com - Rakyat, penduduk, dan warga negara adalah tiga istilah yang berbeda. Walau begitu, ketiganya memiliki persamaan, yakni sama-sama berada atau tinggal di suatu wilayah atau negara.

Pengertian rakyat, penduduk, dan warga negara

Berikut penjelasan pengertian rakyat, penduduk, dan warga negara: 

Pengertian rakyat

Menurut Yosephus Sudiantara dalam buku Kewargaan Negara Indonesia: Referensi Alternatif Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Kewarganegaraan (2021), rakyat adalah semua orang yang berada di suatu daerah, bangsa, atau negara.

Istilah rakyat sering dikaitkan dengan bangsa. Karena rakyat tumbuh dan berasal dari kumpulan orang yang memiliki kesamaan sejarah, nasib, bahasa, serta kehendak untuk membangun sebuah negara.

Baca juga: Perbedaan Penduduk dan Bukan

Pengertian penduduk

Wahyu Widodo dan kawan-kawan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2015) mendefinisikan penduduk sebagai sekumpulan orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah atau negara dalam jangka waktu tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan Pasal 26 ayat (2) UUD 1945, penduduk adalah warga negara Indonesia serta orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

Pengertian warga negara

Mengutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Rosmawati dan Hasanal Mulkan, yang dimaksud warga negara adalah sekumpulan orang yang memiliki kedudukan sederajat, loyalitas, dapat berpartisipasi, serta mendapat perlindungan.

Secara mudah, warga negara juga dapat diartikan sebagai sekumpulan orang yang menjadi anggota sebuah negara.

Perbedaan rakyat, penduduk, dan warga negara

Rakyat, penduduk, dan warga negara, apa sih bedanya? Perbedaan utama antara rakyat, penduduk, dan warga negara terletak pada pengertian atau definisinya.

Baca juga: Apa Penduduk Asli Pulau Sulawesi?

Rakyat adalah semua orang yang tinggal di suatu negara. Penduduk adalah orang yang bertempat tinggal di sebuah negara. Sedangkan warga negara adalah orang yang tinggal  di sebuah negara memiliki kewajiban dan hak di mata hukum.

Tidak semua orang yang tinggal di sebuah negara dapat dikatakan sebagai warga negara. Karena ada ketentuan hukum yang harus dipenuhi. Selain itu, warga negara juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.