Kompas.com - 14/10/2021, 11:35 WIB
Ilustrasi kerja bakti di sekolah freepik.com/jcompIlustrasi kerja bakti di sekolah

KOMPAS.com – Kamu masuk ke dalam sekolah dan melihat temanmu menjalankan kerja bakti. Apa yang harus kamu lakukan? Yang harus kamu lakukan adalah menolong temanmu dan ikut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Tidak hanya teman, tetapi kamu juga harus membantu orang lain terutama warga sekitar yang melakukan kerja bakti. Sikap saling membantu dan gotong royong tersebut harus diterapkan karena manusia adalah makhluk sosial.

Sebagai makhluk sosial, kita membutuhkan manusia lainnya untuk bisa hidup dengan baik. Menurut A. Tabi’in dalam jurnal Menumbuhkan Sikap Peduli Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial (2017) menyebutkan bahwa sebagai makhluk sosial manusia harus saling menghormati, mengasihi, serta peduli terhadap berbagai macam keadaan sekitarnya.

Sikap kepedulian sosial

Ikut membantu ketika melihat teman bekerja bakti adalah bentuk kepedulian sosial. Menurut Darmiyati Zuchidi Pendidikan Karakter dalam perpektif Teori dan Praktik (2011) peduli sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Contoh Kerja Bakti untuk Pelestarian Lingkungan

Ketika melihat teman yang sedang bekerja bakti, kita terdorong oleh kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membantu teman kita dan masyarakat lainnya. Turut membantu dalam kerja bakti, membuat hubungan sosial kita dengan teman dan masyarakat menjadi lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menumbuhkan sikap peduli soisal, ikut kerja bakti juga mengamalkan salah satu nilai Pancasilan yaitu gotong royong. 

Menurut N. Rochmadi dalam jurnal Menjadikan Nilai Budaya Gotong-Royong sebagai Common Identity dalam Kehidupan Bertetangga Negara-negara Asean (2012), gotong royong mengandung makna kesetaraan, keadilan, kebersamaan, kepedulian, dan mengacu pada kepentingan bersama.

Oleh karena itu, membantu teman yang sedang kerja bakti merupakan perbuatan yang mulia. Dan akan membentuk pribadi kita yang peduli, bertanggung jawab, tidak egois, menghormati orang lain, dan rela berkorban demi kepentingan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.