Kompas.com - 13/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi kerja bakti freepik.com/ katemangostarIlustrasi kerja bakti

KOMPAS.com - Kerja bakti dilakukan untuk kepentingan umum atau bersama. Kerja bakti termasuk kegiatan gotong royong yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Menurut Puspitasari dalam buku Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (1979), kerja bakti diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan kuno.

Saat itu, masyarakat diajak untuk bekerja tanpa bayaran atau upah, untuk melakukan proses pembangunan bagi raja atau kerajaan. Pada zaman penjajahan, kerja bakti juga dilakukan untuk mengerjakan proyek pemerintah kolonial.

Arti kerja bakti dan lokasi kegiatannya

Apakah arti kerja bakti? Di mana sering diadakan kerja bakti? Simak penjelasannya berikut:

Arti kerja bakti

Arti kerja bakti adalah kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar dari kotoran. Contohnya kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal.

Mengutip dari jurnal Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo (2020) oleh Yuliani SW, kerja bakti bermanfaat untuk lingkungan serta kehidupan manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Dalam Berbagai Kehidupan

Beberapa manfaat itu adalah lingkungan menjadi bersih dan terawat, serta sumber penyakit menghilang. Sementara itu, manfaat kerja bakti untuk kehidupan manusia adalah memupuk rasa kebersamaan, sikap saling peduli, dan tolong menolong.

Lokasi kegiatan kerja bakti

Pelaksanaan kerja bakti bisa dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti lingkungan sekitar rumah, lingkungan sekolah, tempat ibadah, pasar, dan tempat lainnya.

Kerja bakti sering dilaksanakan di lokasi atau tempat yang kotor, dan berkaitan dengan masyarakat luas. Contohnya kerja bakti membersihkan selokan, kerja bakti membersihkan pohon tumbang di tengah jalan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.