Kompas.com - 13/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kerja bakti di sekolah freepik.com/jcompIlustrasi kerja bakti di sekolah

KOMPAS.com - Tulisan tentang pengalaman kerja bakti di sekolah memuat cerita saat melakukan kerja bakti di sekolah. Cerita ini dapat berisikan kegiatan apa saja yang dilakukan saat kerja bakti.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja bakti adalah kerja bergotong royong tanpa upah atau imbalan jasa, ditujukan untuk kepentingan bersama.

Kegiatan kerja bakti memiliki banyak manfaat atau dampak positif. Tidak hanya bagi lingkungan sekitar, tetapi juga untuk diri sendiri.

Dikutip dari Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Positif dalam Kultur Sekolah di SD Muhammadiyah Kleco 2 (Buku Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa) (2021) karya Reni Cahyani, kerja bakti dapat membentuk pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan.

Kerja bakti juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan, serta melatih diri untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Contoh Tulisan dan Kesimpulan mengenai Pentingnya Kesehatan di Lingkungan Sekolah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh tulisan pengalaman kerja bakti di sekolah

Tuliskan pengalamanmu dalam menjalankan kerja bakti di sekolah, berikut salah satu contonya:

Pada hari Senin, aku dan teman-temanku melaksanakan kerja bakti di lingkungan sekolah. Kami melakukan kerja bakti ini bersama dengan guru dan karyawan sekolah.

Aku dan teman-teman bergotong royong membersihkan lingkungan kelas. Mulai dari menyapu lantai hingga membersihkan debu yang menempel di pintu, meja, dan kursi.

Setelah selesai membersihkan lingkungan kelas, aku dan teman-teman membersihkan halaman dan lapangan sekolah yang penuh dengan daun kering. Kami menyapu dan mengumpulkan sampah daun kering menjadi satu.

Kami juga membantu guru membersihkan parit atau selokan di lingkungan sekitar sekolah. Agar saat musim hujan tiba, air di selokan tidak banjir dan tidak menjadi sarang penyakit.

Aku sangat senang melakukan kerja bakti bersama teman, guru, dan karyawan. Walaupun terasa melelahkan, tetapi lingkungan sekolah menjadi bersih dan sangat nyaman. Jadi, aku semakin semangat belajar dan berjanji akan merawat kebersihan lingkungan sekolah.

Baca juga: Contoh Laporan tentang Kesehatan Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.